https://www.husnaroina.my.id/

[Review Buku] Kumpulan Dongeng Untuk Penulis

Posting Komentar
Kumpulan dongeng untuk penulis
Foto dari IG @husna_roina

“Kadang akhir yang bahagia itu memang ada, bahkan di dunia penerbitan”- hal 37

Judul Buku: Kumpulan Dongeng Untuk Penulis

Penulis: Lawrance Schimel

Penerbit: Marjinkiri

Penerjemah: Ronny Agustinus

ISBN: 978-602-0788-27-2

Tebal: 38 hal

Buku ini saya baca di lapak @kelanabookclub atas rekomendasi seorang teman. Menurutnya buku ini bagus dan menarik yang cerita pendek yang dibungkus dengan dongeng yang relate dengan kisah para penulis. Jadinya membuat saya penasaran untuk membacanya. Ditambah lagi buku Kumpulan Dongeng Untuk Penulis ini sangat tipis tidak membutuhkan waktu yang lama sekali duduk sudah selesai. Sangat cocok untuk bacaan ringan.

Blurb:

Serigala jahat menawarkan kontrak penerbitan yang tampak menggiurkan kepada Kerudung Merah yang lugu; Sinderela kabur meninggalkan si editor dalam acara pembacaan sebelum memperkenalkan diri; itik buruk rupa merasa berbeda dari saudara-saudaranya karena dia suka membaca…

Lewat pelesatan dongeng-dongeng klasik, Lawrence Schimel mengajak pembaca berkelana mengarungi serba-serbi dunia penulisan dan penerbitan, lalu bertanya: adakah akhir yang bahagia di dunia perbukuan?

Baca Juga: Review Buku The Star And I 

Review Buku Kumpulan Dongeng Untuk Penulis

Sepertinya ini buku tertipis yang pernah saya baca. Paragrafnya tidak banyak dan ukuran font yang dipakai pun cukup besar mungkin sekitar 14 atau 16. Buku setebal 38 halaman ini memuat 13 judul cerita pendek yang di plesetin dalam cerita dongeng yang sudah sangat terkenal di dunia seperti Sinderela, Putri Salju, Kerudung Merah, dll.

Uniknya plesetan dongeng ini dikemas dengan realitas dibalik industri kepenulisan dan penerbitan. Sekelumit sisi gelap penerbitan yang tidak banyak orang lain tahu. Misalnya memanipulasi para penulis muda dengan memuji-muji karyanya membuatnya bersemangat dan terus bekerja keras dan hasilnya dinikmati oleh perusahaan penerbitan. Penulis tidak sadar bahwa usahanya hanya dihadiahi upah yang tidak sesuai. Juga cerita gimana orang-orang membunuh semangat dan kreativitas penulis muda dan membuatnya berhenti dengan mengkritik tulisannya sangat tajam.

Tetapi ini buku ini tidak hanya menceritakan sisi gelap ada juga cerita penuh haru bagaimana penerbit menemukan penulis brilian lewat sayembara atau lewat seorang teman yang membuka jalan dan menjadikannya penulis terkenal yang karyanya sangat disukai.

Ada satu kisah dimana seorag penulis yang ingin menerbitkan bukunya. Dia mendatangi banyak penerbit yang berakhir karyanya ditolak dan penerbit terakhir menerima karyanya. Kisah ini sangat relate dengan salah satu penulis yang karyanya sudah sangat mendunia. Series-nya selalu dicetak ulang dan penggemar karyanya sangat banyak. Ada yang tahu siapa penulis itu?

Baca Juga: Review Buku Sunshine Becomes You

Yupz, J.K Rowling penulis novel Harry Potter ini pernah mengalami kejadian itu. entah sudah berapa kali sang penulis ditolak sehingga Harry Potter akhirnya bisa terbit dan bukunya masuk dalam jajaran buku paling laris di dunia.

Saya selalu terharu ketika mengetahui bagaimana usaha seorang penulis menciptakan karyanya. Bagaiaman penulis menciptakan dunianya membuat orang lain yang membacanya menjadi masuk dalam cerita. Harry Potter ini adalah series novel favorite saya hingga kini.

Retelling yang ditulis dalam buku ini sangat rapi sehingga membuat kita tidak terasa membacanya meskipun buku ini sangat tipis tidak mempengaruhi alur ceritanya sama sekali. Buku ini juga menyelipkan pesan moral yang mendalam dan menohok ke dalam hati.

Cerita dengan ide dan imajinasi yang kreatif ini membuat buku ini layak untuk direkomendasikan sebagai bacaan ringan dan perenungan.


Related Posts

Posting Komentar