https://www.husnaroina.my.id/

Kelana Book Club, Komunitas Pecinta Buku di Kota Palembang

9 komentar
Komunitas pecinta buku

Kelana Book Club, Komunitas Pecinta Buku di Kota Palembang-. Dari kecil aku sangat suka baca buku. Rasanya senang ketika menemukan teman yang suka membaca buku juga. Berawal dari perasaan ini aku mencari komunitas literasi di kotaku tercinta. Tapi sayangnya aku belum menemukan komunitas yang suka membahas seputar buku.  

Sebagai pembaca buku terkadang  aku merasa kesepian. Aku ingin sekali membicarakan mengenai buku yang baru saja aku baca. Aku ingin orang lain tahu seberapa menariknya buku itu. Tapi orang-orang disekitarku tidak suka membaca buku. 

Sering kali timeline Twitterku berisi tentang postingan orang yang memposting klub bukunya di kota lain. Rasanya iri kenapa di kotaku tidak ada. Padahal orang yang membaca buku ada banyak. Tak jarang aku menemukan reply di base orang-orang se kota  bertanya adakah komunitas buku juga.

Pada akhirnya tidak ada garis terang jika tidak dimulai duluan. Aku akhirnya berpikir untuk membuat sebuah klub buku dengan melempar ombak di base Twitter. 

Yuk, simak ceritaku tentang membuat klub buku berikut ini!

Baca Juga: Review Buku Girsl In The Dark Karya Akiyoshi Rikako

Membuat Klub Buku

Ada banyak klub buku yang bermunculan di Literary Base di Twitter dan ada banyak orang juga yang antusias mencari klub buku termasuk aku. Pada akhirnya aku tidak menemukan komunitas yang aku cari, aku berpikir untuk membuat klub buku saja dengan cara mengirim manfess dari Literary Base untuk menarik pembaca buku di Kota Palembang. 

Entah kenapa sebelum mengirim manfess di Literary Base aku kepikiran untuk men-search pencarian tentang komunitas buku di kota Palembang atau setidaknya adakah orang yang pernah mengirimkan manfess yang sama. Jadi kalau klub bukunya sudah ada aku tinggal bergabung saja. Begitu pikirku saat itu. 

Setelah aku melakukan pencarian aku menemukan manfess pada bulan Desember 2022 yang dikirim oleh Kak Dian. Tanpa pikir panjang aku langsung  DM dia di Twitternya. Saat itu aku menanyakan apakah klub bukunya sudah jalan atau belum karena aku ingin bergabung. Ternyata klub bukunya belum jalan saat itu juga aku langsung mengajaknya untuk membuat klub buku padahal kami sama sekali belum saling kenal. 

Kami akhirnya membentuk klub buku dan kak Dian mengajak 2 temannya (kak Vin dan kak Dila) untuk meng-handle klub buku ini karena rasanya akan sulit jika hanya kami berdua. Kami mulai membentuk grup Whatsapp berisi 4 orang yang akan mengurus komunitas buku ini berharap komunitas ini bisa terus konsisten dan semakin berkembang ke depannya. 

Selama seminggu sebelum edisi pertama kami merangkum kegiatan untuk Kelana dari agenda kegiatan, penentuan edisi pertama, tempat, acara, sosial media, konten dan logo. Setelah semua rangkum kami mulai me-reach out teman-teman pembaca domisili Palembang untuk bergabung di edisi pertama Kelana Book Club dengan melempar manfess lagi di Literary Base. 

Ternyata ada beberapa yang merespon niat kami sehingga kami semakin bersemangat mempromosikan dan mengajak teman-teman pembaca di Palembang  untuk bergabung. Kami mulai mengarahkan teman-teman di sosial media yang sudah kami siapkan dan memastikan mereka untuk mendapatkan info sebanyak mungkin mengenai kegiatan yang akan kami selenggarakan. Tanpa antusias mereka apalah arti semangat kami. 

Ada harapan besar yang kami bangun di komunitas buku ini selain menemukan teman-teman yang suka membaca buku. Tetapi juga menjadi wadah literasi yang nyaman untuk pecinta buku di Kota Palembang dan mengajak lebih banyak orang untuk ikut membaca buku.

Baca Juga: Review Buku Laut Bercerita

Kelana Book Club, Komunitas Untuk Pecinta Buku di Kota Palembang

Kelana nama yang kami pilih untuk menamai klub buku kota Palembang. Kelana sendiri memiliki sebuah arti yang mendalam. Nama ini disarankan oleh Kak Dian. 

“Kelana artinya mengadakan perjalanan ke mana-mana tanpa tujuan tertentu; kembara. Jadi, Kelana Book Club berarti Tempat dimana berkumpulnya orang-orang yang suka berkelana melalui buku”.

Nama dan arti yang sangat indah bukan?  

Kelana Book Club bisa menjadi tempat mencari dan menemukan untuk teman-teman pembaca melalui buku. Entah itu teman baru, rekomendasi buku-buku yang menarik dari pengalaman membaca teman-teman pembaca lain, dan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk orang-orang yang suka membaca buku serta dapat meningkatkan minat baca di Kota Palembang untuk masyarakat umum.

First Meeting Kelana Book Club

komunitas orang suka baca buku di Palembang

Ketika kami mempromosikan di Twitter ada banyak sekali tanggapan positif dan antusiasme yang kami dapatkan. Sebagai inisiator kami merasa senang dan berharap teman-teman yang merespon akan datang di pertemuan pertama yang kami selenggarakan.

Awalnya kami merasa khawatir yang datang hanya sedikit predikasi kami hanya sekitar 5 orang saja tapi kami tetap optimis bahwa mendirikan sebuah komunitas tidaklah gampang semuanya bermula dari hal kecil dan berani memulai langkah pertama. Apapun hasilnya kami optimis akan ada banyak orang-orang mengenal Kelana dan bergabung bersama kami. 

Tepatnya hari minggu tanggal 21 mei 2023 menjadi edisi pertama Kelana Book Club. Yang awalnya kami prediksi sekitar 5 orang yang datang ternyata lebih dari itu ada sekitar 17 orang yang datang. Kami sangat senang ternyata undangan kami disambut baik oleh banyak pembaca buku di Kota Palembang. 

Edisi pertama di buka dengan saling berkenalan dan menyebutkan buku kesukaan, genre favorite serta penulis favorite serta bercerita apakah nyaman membaca di ruang terbuka. Setelahnya kami mulai bercerita mengenai buku-buku yang di sedang baca. Acaranya berlangsung meriah dan hangat. 

Para partisipan sangat antusias membicarakan buku yang mereka yang suka. Pengenalan ini bertujuan untuk mengetahui mengenal diri sendiri juga teman-teman yang lain terhadap preferensi bacaan masing-masing orang. Kami mendapat cerita beragam dari yang sudah biasa membaca buku, ada yang baru mau mulai lagi membaca, ada yang suka baca komik, baca AU, nulis funfict dan beragam cerita lainnya. 

Ada banyak pelajaran juga yang bisa didapat dari cerita para partisipan tentang isu sosial, kejahatan dunia maya dan pastinya ada banyak rekomendasi buku dan dan sudut pandang dalam menanggapi isi bacaan.

Sangat menarik sekali bukan?

Setelah acara selesai kami berfoto bersama sebagai bentuk dokumentasi bahwa Kelana Book Club berhasil melakukan agenda pertamanya dengan sangat baik. Harapan kami selaku inisiator akan ada banyak partisipan yang akan datang di pertemuan-pertemuan selanjutnya. 

Kami juga akan berusaha menghadirkan klub buku yang nyaman dan membuat para pembaca betah dengan kegiatan yang akan kami hadirkan. Kami juga memikirkan banyak event menarik agar teman pembaca bisa merasakan energi positif yang berusaha kami tularkan lewat berbagai kegiatan di Kelana. Harapan kami Komunitas Kelana Book Club bisa semakin berkembang.

Di edisi selanjutnya kami akan selalu membuka kegiatan dengan melakukan silent reading selama 1 jam. Agenda selanjutnya kami membuka sesi ngobrol santai membahas buku-buku yang lagi dibaca. Kami juga mempunyai rencana lain seperti games seru tukar buku, book piknik day, kegiatannya lainnya di pertemuan-pertemuan yang akan datang.

Gimana seru bukan kegiatannya? Masak sih gak mau gabung sama komunitas buku? Menyukai buku bukan berarti menjadi kutu buku yang cupu dan selalu serius. Mengikuti klub buku gak akan se membosankan itu. Jadi, kapan lagi bisa nambah teman baru yang satu hobi dan mendapatkan banyak rekomendasi buku seru lainnya. Kelana juga menggelar lapak baca buku gratis untuk yang datang dan masyarakat umum lainnya disekitar tempat kegiataan. Yuk, buruan gabung ke Kelana Book Club dan nantikan agenda kegiatan seru lainnya.

komunitas pecinta buku Palembang

Baca Juga: Review Buku Sunshine Becomes You

Kelana Book Club terbuka untuk semua umur dan semua kalangan pembaca ^_*

Untuk mendapatkan info kegiatan lainnya bisa follow di laman media sosial Kelana Book Club!

Instagram: @kelanabookclub

Twitter: @kelanabookclub

Related Posts

9 komentar

  1. Omo Omo Omooo mbak Husna kok keren bgt 😍 ternyata Kelana Book Club mbak Husna dan teman² yg buat. Semoga makin banyak yg gabung ya mbak dan semakin besar klubnya. Bangga bgt 🥰

    BalasHapus
  2. Ah senangnya berkumpul dengan orang-orang sefrekuensi, pastinya akan memberi kita vibe yang positif ketika berkumpul dengan mereka, apalagi ini keren banget kegiatannya. Harus dicontoh nih biar literasi di negeri ini terus berkembang

    BalasHapus
  3. Seru sekali bisa bkin klub buku sendiri Mba..
    Klo dah ada komunitas bgitu tuh jdi makin semangat lgi ya baca bukunya, aku harus ikutan nih kayaknya, soalnya lgi mager bgt baca buku lgi 🙈

    BalasHapus
  4. klub buku ibarat air yang ditemui di padang pasir, terobosan yang bagus kak, di zaman yang serba digital ini dan kebanyakan orang sekarang beralih untuk melihat video daripada membaca buku. sukses terus untuk Kelana Book Club

    BalasHapus
  5. MasyaAllah pasti vibesnya positif banget. Enak punya circle kaya gini jadi bisa tuker pikiran, nambah wawasan, dan pastine jadi nggak gaptek.

    BalasHapus
  6. Masya allah serunya... emang kalo ketemu sama yg sepemikiran jadi asyik ya

    BalasHapus
  7. Bergabung dengan komunitas itu bisa membuata mood kita tetap terjaga ya...selain memperpanjang silaturahim mudah2an bisa jadi jalan membuka rizki ya

    BalasHapus
  8. keren banget, semoga bisa meniru jejaknya. Komunitas literasi yang sy impikan. inspiring banget ini mbak, moga bertambah banyak member yang terlibat di dalamnya

    BalasHapus
  9. Selamat ya mbak, senangnya berada dalam komunitas sefrekuensi begini. Jadi semangat baca bukunya ya

    BalasHapus

Posting Komentar