https://www.husnaroina.my.id/

4 Rekomendasi Aplikasi Ebook Digital

16 komentar
Baca Ebook Digital

Hai, mina-san..

4 Rekomendasi Aplikasi Ebook Digital Sebagai orang yang suka membaca buku tentunya membeli buku udah seperti suatu kebutuhan. Apalagi ketika ada diskon buku besar-besaran bakalan kalap dan berakhir uang di dompet melayang. Siapa yang kayak gitu? Ayo ngaku? Haha..

Terlebih ketika buku yang lagi diskon itu masuk dalam jajaran wishlist banget. Siapa yang gak bakal ngiler dengan harga diskon yang begitu menggoda. Alamat uang di dompet direlakan begitu saja demi membawa pulang buku-buku impian. 

Setelah buku udah ditangan baru lah sadar bahwa tumpukan buku semakin menggunung. Rak buku pun udah gak muat nampung buku-buku baru yang terus kamu beli.

Nah, gimana sih menyiasati agar kamu bisa terus baca buku tapi gak bikin tumpukan buku dirumahmu semakin tinggi. 

Caranya ialah dengan membaca ebook digital di aplikasi. Ada beberapa aplikasi penyedia ebook yang bisa kamu manfaatkan untuk memuaskan hasrat membacamu. Dari beberapa aplikasi ini ada yang bayar dan ada juga yang gratis. 

Yuk, simak apa aja aplikasinya. Semoga ini bisa membantu dan membuat kamu semakin gila membaca buku. Hahaha…

Baca: Review Novel 1984

4 Rekomendasi Aplikasi Ebook Digital

1. Gramedia Digital

Gramedia Digital adalah aplikasi baca ebook dari penerbit Gramedia. Jadi kebanyakan isinya adalah buku-buku terbitan Gramedia. Aplikasi ini berbayar yah. Kamu tinggal download di Play Store aja. Gramedia Digital ini menyediakan beberapa layanan paket berupa Fiction Premium, Non Fiction Premium, Full Premium Package 1 bulan, Full Premium Package 1 tahun, dan Kids Premium 1 bulan. 

Setelah berlangganan kamu bisa mengakses ebook selama ebook itu masuk dalam paket layanan yang sudah kamu pilih. Apakah semua buku bisa di unduh? Jawaban tidak. Ada beberapa buku yang masuk dalam single edition jadi buku-buku dengan kategori ini hanya bisa di beli satuan. 

Jika paket langgananmu sudah habis tak perlu khawatir gak bisa membaca buku lagi. Ebook yang sudah kamu unduh akan bisa tetap kamu baca. Jadi gak perlu khawatir ya guys.. Sebelum langganan habis pastikan buku-buku yang kamu incar sudah terunduh semua. Dan kamu bisa membacanya kapan saja. Asyik banget kan? Hehe..

2. Ipusnas

Aplikasi milik Perpusnas ini gratis jadi kamu tidak perlu berlangganan. Kamu hanya membutuhkan kesabaran karena antrian ebooknya sangat panjang. Hahaha.. 

Ebook-ebooknya juga banyak banget dari berbagai penerbit jadi kamu bisa puas pilih-pilih buku yang jadi wishlist kamu di aplikasi ini. Tapi kamu harus sabar dan rajin-rajin mengecek aplikasi ini untuk mendapatkan ebook inceran kamu. Sama dengan sebelumnya kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya di Play Store aja. Simple kan?

Oh ya aplikasi Ipusnas akan memberikan notifikasi ebook tersedia jika kamu masuk dalam daftar antrian. Tapi balik lagi harus cepet-cepetan dengan user lainnya. Karena gak cuma kamu aja yang mengantri. Waktu peminjaman di Ipusnas 5 hari ya, setelah 5 hari ebook akan kembali otomatis dan kalau kamu belum selesai membacanya kamu bisa pinjam lagi. 

Tapi usahain setelah dapat kamu langsung membacanya ya dan segera mengembalikannya jika sudah selesai. Biar yang antri bisa segera meminjam ebooknya juga. Hehe..

Kemarin Ipusnas baru menambah banyak copy untuk buku-buku popular. Senang banget rasanya. Copynya makin banyak. Kamu bisa langsung mengeceknya apakah masih tersedia. Saya akan tuliskan ebook apa aja yang copy-nya ditambah siapa tahu ada wishlist kamu. Buku-buku yang ditambah di aplikasi Ipusnas.

3. Ruang Buku Kominfo (RBK)

Aplikasi Ruang Buku Kominfo ini milik Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sama dengan Ipusnas, aplikasi ini gratis. Antriannya juga gak begitu panjang dan lama kayak Ipusnas. 

Kamu perlu daftar dulu untuk meminjam ebook dari aplikasi ini. Sebelum download aplikasinya kamu akan masuk dalam daftar antrian users dan Kominfo akan mengirimkan email jika kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Setelah disetujui kamu baru bisa download aplikasinya. Oh ya, antriannya cukup lama ya, bisa sampai berbulan-bulan untuk bisa menikmati meminjam ebook disini. 

Aturan lainnya ialah setelah pengembalian kamu gak bisa meminjamnya lagi kayak di aplikasi Ipusnas ada jeda selama 7 hari untuk meminjam ebook yang sama. Ini cukup menguntungkan sehingga yang antri bisa segera mendapatkan ebook yang sudah dikembalikan tadi. Kamu bisa pinjam 3 buku di RBK dengan masa peminjaman selama seminggu. 

Di RBK juga harus melakukan pinjam minimal 3 bulan sekali ya. Kalau dalam kurun waktu itu kamu gak pinjam-pinjam ebook, akun kamu akan di blokir. Jadi di RBK harus aktif ya. Jangan sampai akun kamu gak bisa digunakan lagi karena perjuangannya lumayan lama kan harus antri berbulan-bulan dulu. Hehe.. 

Baca: Review Novel Gadis Kretek

4. Libby

Mau baca buku Bahasa Inggris tapi gak punya cukup uang untuk beli bukunya. I know buku-buku Bahasa Inggris itu harganya lumayan mahal dan satu buku bisa buat kantong nangis. Huhuhu..

Jangan Khawatir tetap ada solusinya kok. Kamu yang suka baca buku-buku Bahasa Inggris bisa pakai aplikasi Libby. Aplikasinya ini juga gratis dan pastinya ada banyak buku popular juga. Kamu jadi sekalian bisa belajar Bahasa Inggris juga. Tapi syarat daftarnya cukup ribet karena harus memakai alamat luar. 

Gak punya uang bukan menjadi halangan untuk kamu gak baca buku. Ada banyak cara kok. Seperti kutipan quote berikut ini

“Banyak jalan menuju Roma”

Sekian 4 Rekomendasi Aplikasi Ebook Digital dari saya, semoga bermanfaat. See you^.^

  


Related Posts

16 komentar

  1. Recommended sekali ya.. tapi saya paling nggak bisa sekali baca buku lewat ebook.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ipusnas dan RBK masuk wishlist ni. Tapi RBK pake blokir2an ya. Ternyata peminat pustaka digital banyak ya sampe antri-antri gitu

      Hapus
  2. Ia bener kak. Tanpa disadari buku2 yang dibeli jadi tumpukan. Tapi kenapa ya, feel baca e-book dengan buku fisik itu beda banget ya. Pegang wujudnya, sensasi buka plaztiknya, harum buku barunya, coret2 bagian yNg penting2. Aaaaah aku belum bisa move on kaaaak

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas rekomendasinya, Mbak. Pengen nyoba download aplikasinya, nih. Bisa jadi alternatif kegiatan gadget yang positif juga buat anak, ya ...

    BalasHapus
  4. Aku malah bercita² punya rak buku yg penuh buku ala² rak perpus gitu mba 😂. Dan iya antri buku di ipusnas itu cepet²an. Mana buku inceranku sampe sekarang belum dapet². Kmarin liat di gramed kok harganya lumayan ya.. Haha

    BalasHapus
  5. Baru tau banget ada Ruang Buku Kominfo. Keren sih sekelas Kementerian di negeri kita mendukung gerakan literasi digital dengan menyediakan aplikasi e-book yang gratis

    BalasHapus
  6. kalau saya ipusnas jadi andalan kalau pingin cari yang gratis, kalau pingin banget ya cari di google book biasanya sering ada diskon hehehe

    BalasHapus
  7. Aku biasanya paka gramed, tp pengen coba ipusnas juga kayaknya asik nggak usah berlangganan.

    BalasHapus
  8. Lupa terus nih mau intip aplikasi ebook digital karena membaca buku fisik rasanya sudah mulai susah sementara ebook digital ada dalam genggaman tangan kita

    BalasHapus
  9. alhamdulilah, terima kash rekomendasinya kak,, jadi bisa baca kapan aja dan dimana aja..

    BalasHapus
  10. Aku paling sering pakai ya Ipunas ini, sudah berapa buku aja yang kupinjam, secara gratis hehehe, anakku pun juga emmanfaatkan Ipunas, kalau aplikasi yang lain belum pernah coba hehehe

    BalasHapus
  11. paling senang dengan gramedia digital dan baru tau ruang buku kominfo..download aah..biasanya di ipusnas berantem mulu sm user lain hehe

    BalasHapus
  12. Aku pakainya gramedia digital sama ipusnas aja
    Belum coba yang rbk dan libby, jadi mau coba baca buku disana deh

    BalasHapus
  13. owh aku mau nyobain yang gramedia digital belum jadi-jadi. Enaknya gitu ya kalau pakai yang premium. Harga langganan di gramedia digital mulai dari berapaan mbak?

    BalasHapus
  14. Yang libby aku belum pernah nyoba ini. Beberapa aplikasi begini memang banyak membantu ya mbak. Tapi ya itu, pasti ada plus dan minusnya

    BalasHapus
  15. Aku pembaca setia iPusnas karena ribet kalau mau beli buku Indonesia. Libby ini kayaknya bisa kucoba deh. Aku save dulu tulisannya ya!

    BalasHapus

Posting Komentar