https://www.husnaroina.my.id/

Duty After School, Aksi Anak Sekolah Bertahan Dari Serangan Monster Bola Ungu

Posting Komentar

Drama Korea Duty After School
Duty After School, Aksi Anak Sekolah Bertahan Dari Serangan Monster Bola Ungu. Sudah pada nonton drama Duty After School?  Drama survival satu ini sudah memikat hati pada penayangannya episode pertamanya. Gimana menurut kamu? Apakah seseru drama survival lainnya? 

Kamu tim nonton on going atau maraton? 

Kalau aku tim nonton maraton. Hahaha kalau nonton on going tu rasanya lama banget mesti nunggu seminggu lagi buat lanjut episode berikutnya. Tapi senangnya nonton on going hype-nya bisa bareng-bareng tapi kalo maraton ngehype-nya ya sendiri yang lain dah pada nonton. Duh derita tim maraton. Tapi enaknya ya bisa lanjut terus sampe begadang. Wkwkwk

Pas awal nonton aku gak banyak tahu pemainnya, yang aku tahu cuma Moon Sang Min yang  kemarin main drama Under The Queen's Umbrella. Seja Joeha satu ini masih jadi favorite karena selir onlinenya ada dimana-mana. hahaha

Baca Juga: Review Film Unlocked

Profil Drama

Judul: Duty After School

(Banggwa Hu Jeonjaenghwaldong 1 / 방과 후 전쟁활동)

Sutradara: Sung Yong Il

Penulis Naskah: Yoon Soo

Penulis Webcomic: Ha Il-Kwon

Pemeran:

Shin Hyun-Soo sebagai Lee Choon Ho

Lee Soon Won sebagai Kim Won Bin

Lim Se-Mi sebagai Wali Kelas Park Eun Young


Kim Ki Hee sebagai Kim Chi Yeol

Kim Min Chul sebagai Doo Soo Cheol

Kim Su Gyeom sebagai Kwon Il Ha

Moon Sang Min sebagai Wan Tae Man

Shin Myung Sung sebagai Im Woo Taek

Ah Do Kyu sebagai Kook Young Soo

Woo Min Kyu sebagai Kim Doek Joong

Yoon Jong Bin sebagai Jo Jang Soo

Ji-Min Hyuk sebagai Jo Young Shin

Hong Sa Bin sebagai  Woo Hee Rak


Kwon Eun Bin sebagai Yeon Bo Ra

Kim So Hee sebagai Lee Soon Yi

Kim Jung Lan sebagai Park So Yoon

Shin Soo Hyun sebagai Cha Seo Yeon

Shin Hye Ji sebagai Choi Yeon Joo

Yeo Joo Ha sebagai Hong Joon Hee

Lee Yeon Choi sebagai No Ae Seol

Moon Hee sebagai Lee Na Ra

Hwang Se In sebagai Yoo Ha Na

Genre: Action, Thriller, Drama, Sci-Fi

Network: TVING, VIU, Video

Release Date: March 31, 2023

Sebelum aku ngereview drama ini. Yuk, simak dulu sinopsisnya berikut ini!

Duty After School menceritakan tentang murid sekolah yang harus berjuang bertahan hidup saat menghadapi serangan alien dari bola ungu yang jatuh dari langit. Bola ini tersebar di seluruh negara di dunia termasuk di Korea Selatan. Awalnya bola-bola ini hanya berada di langit dan tidak menimbulkan kekacauan. Ketika awal muncul bola-bola ungu ini tidak ada pergerakan akan tetapi setelah sekian lama bola ini akhirnya jatuh.

Kejatuhan bola ungu ini membuatnya terpecah menjadi banyak bagian dan bagian ini berubah menjadi monster-monster kecil yang gesit dan dapat membunuh manusia dengan sekali tusuk melalui tentakel daru tubuh monster itu. Alien ini juga mengejar dan memburu manusia serta dapat mendeteksi keberadaan manusia melalui suara-suara dan suhu tubuh. 

Karena keberadaan monster ini sangat mengancam dan sudah membunuh banyak tentara, militer kekurangan tentara dan meminta seluruh sekolah SMA khususnya anak kelas 3 untuk menjadi tentara dan mengikuti pelatihan tentara. Dengan iming-iming nilai poin CSAT para pelajar ini tergiur dan menanda tangani surat untuk ikut pelatihan militer.

Ternyata ekspektasi mereka berbeda dengan realita yang harus mereka hadapi. Para pelajar harus bertaruh nyawa untuk mempertahankan hidup mereka di tengah gempuran perang dengan monster, persahabatan dan kerja sama tim mereka di uji serta teman-teman mereka yang mulai terbunuh. 

Dibawah pimpinan letnan Lee anak Kelas 3.2 ini berjuang membasmi monster dengan segala upaya yang mereka bisa. Pelatihan yang mereka tidak sia-sia karena mereka di bekali senjata untuk memburu monster bola ungu. 

Pada saat Letnan Lee mengorbankan nyawanya demi melindungi anak-anak kelas 3.2 menjadi titik balik drama ini. Kemampuan dan strategi mereka meningkat dalam membasmi monster bola ungu. Mereka semakin mahir menggunakan senjata api dan mulai berani menghadapi monster-monster itu. 

Baca Juga: Review Drama Mr. Sunshine

Kesan Menonton Drama Duty after School

Review Drama DAS

Tema Klise Bikin Nagih

Dai segi tema drama ini mengusung genre survival, sci-fi, thriller, dan fantasy. Tema semacam ini selalu menarik untuk ditonton. Aku sendiri penyuka drama dengan tema ini dan pastinya aku gak mau kelewatan dengan drama satu ini dong. Ditambah drama ini hype banget waktu penayangan jadinya bikin penasaran. Meskipun spoiler bertebaran di media sosial aku selalu melewatkannya. Kena spoiler tu gak enak banget apalagi dibagian ending. Huhuhu..

Mengusung tema survival anak sekolah drama ini banyak disandingkan dengan drama terdahulunya All Of Us Are Dead. Apaka ceritanya serupa? Jelas beda dong, AOUAD dengan cerita zombienya dan DAS dengan cerita monsternya meskipun settingnya di sekolahan tidak membuat kedua drama ini persis sama, dari segi plot pun berbeda. Jadi apakah Das lebih bagus dari AOUAD? Kalau menurutku sendiri semua ceritanya seru tapi aku pribadi lebih suka AOUAD tapi untuk keseluruhan drama survival aku pilih kingdom. Wkwkwk

Karena kingdom belum tergantikan, masih penasaran dengan season 3-nya. huhuhu..

Ketegangannya sepanjang drama dibuat turun naik, perasaanku dibuat seperti roller coaster terlebih di episode 8 menuju akhir dibuat darah tinggi sama kelakuan No Ae seol. Rasanya pengen tak pisuh-pisuhin si ae Seol ini karena menyebabkan timnya hampir celaka. Ya Allah Ae Seol jadi orang kok polos nyerempet bego sih. 

Kamu yang sudah nonton episode 8 gimana perasaannya? Haha

Plot Cerita

Dari segi plot drama ini masih banyak plot hole terlebih setelah penayangan part keduanya. Setelah kematian letnan Lee banyak kejadian yang tidak diceritakan tiba-tiba mereka udah mahir memburu para monster. Banyak pertanyaan yang masih belum terjawab. 

Hilangnya Kim Won Bin di tengah dan juga senjata penghancur yang membuat militer bisa membasmi semua monster ini menjadi pertanyaan besar. Dimana dan bagaimana? Serta endingnya yang sangat plot twist membuat drama ini seakan kehilangan dari inti cerita. 

Bisa-bisanya endingnya seperti itu. Rasanya aku tidak mau terima kayak perjuangan mereka dari awal tuh benaran sia-sia.  Omg gak bisa berkata-kata.

Untuk tensi di paruh kedua cukup mengesankan, aku yang nonton dibuat misuh-misuh juga gemes sama kekompakan mereka. Persahabatan mereka semakin erat dan problem solving mereka cukup masuk akal untuk ukuran anak sekolahan. 

Jika plot hole ini ditampal drama ini akan menjadi drama survival yang utuh. Aku sendiri belum membaca webcomicnya. Jadi aku gak tahu apa drama ini persis sama seperti webcomicnya apa jalan ceritanya banyak dirubah seperti kebanyakan drama adaptasi lainnya. 

Dan plot hole-nya juga sangat menggangu banyak bagian yang terlewatkan jadi ketegangan agak berkurang tapi ceritanya masih bisa dinikmati terlebih melihat tingkah lucu, menggemaskan dan menyebalkan dari para pelajar ini membuat drama ini bisa dinikmati dan sangat menghibur.

Baca Juga: Review Drama Korea Sweet Home

Acting Para Pemain

Pemain Duty After School

Dari segi acting mah udah gak diragukan lagi talenta muda berbakat Korea Selatan ini kedepannya bakal mengisi banyak slot drama jadi kualitas actingnya udah pasti bagus dan keren. Aku cuma rada kaget karena tokoh utamanya ada banyak dan kesemuanya di sorot dengan porsi yang cukup dan pas. 

Aku awalnya bingung siapa nih pemeran utamanya kayak perannya dibuat sama rata yang menurutku sedikit menonjol ya, Letnan Lee, Kim Won Bin, Kim Chi Yoel sama ketua kelas karena muka mereka sering banget di sorot. Hahaha.

Wang Tae Man dari awal udah ter-notice secara drama dia sebelumnya booming banget jadi orang-orang pada penasaran dengan acting dia di drama ini. Di drama ini Moon Sang Min beneran keluar dari karakter Seja Joeha di drama Under The Queen's Umbrella hampir gak ngenalin karena beda banget. wkwkw

Disini dia jadi murid yang jorok, bau, jarang mandi dan jahil sangat berbeda saat menjadi Seja yang dingin, cuek, bijaksana dan sangat tampan para selir onlinenya ada banyak. Tapi actingnya gak diragukan lagi sih. Aku sangat menantikan drama dia yang lain.

Kesimpulan

Duty After School menjadi drama yang segar di tahun 2023. Untuk aku yang lagi males nonton drama romance drama ini sangat menghibur. Walaupun plot hole-nya sangat menggangu tetapi tidak mengurangi keunikan Duty After School.

Plot twist-nya bikin jengkel dan ending yang kayak di paksakan harus selesai di 10 episode. Padahal drama ini bisa di explore lebih banyak sehingga plot yang terbangun bisa lebih baik. Open Ending yang tidak begitu memuaskan membuat drama ini yang dari awalnya udah keren banget jadi kayak hah udah gitu doang ceritanya. Tidak memberikan kesan begitu mendalam. 

Jadi, apakah drama ini patut direkomendasikan? 

Aku pribadi bakal merekomendasikan drama ini untuk yang suka dengan tema survival. Drama ini tetap menarik untuk ditonton dan di ulas. Terlebih melihat tingkah laku para pelajar yang benaran khas remaja labil dan suka merengek ketika mendapatkan masalah. 

Love line-nya juga khas anak remaja yang suka-sukaan dan ingin menarik di mata oarang yang di suka. Tingkah pola lucu dan persahabatannya bikin aku menjadi hangat. Rasanya ingin kembali bersekolah. Hahah..

Yupz, itulah review drama Duty After School dari aku. Gimana menurut kamu dramanya seru gak? Mau lihat review drama lainnya bisa mampir ke halaman blogku di husnaroina.my.id. See you di ulasan drama berikutnya. ^_^v


Related Posts

Posting Komentar