https://www.husnaroina.my.id/

Review Drama Mr. Sunshine : Perjuangan, Cinta dan Pengorbanan

Posting Komentar
Review drama Mr. Sunshine

Review Drama Mr. Sunshine : Perjuangan, Cinta dan Pengorbanan. Mr. Sunshine adalah drama saeguk yang mengambil latar waktu di tahun 1800 akhir sampai 1900 awal yang mengambil era Joseon yang tengah mengalami masa penjajahan Jepang. Sama seperti Indonesia dijajah Jepang, bangsa kita dijajah selama 3,5 tahun sedangkan bangsa Korea dijajah selama 35 tahun. 

Tidak hanya Jepang juga melibatkan negara Amerika sebagai negara adi kuasa dan negara-negara lain yang sedang berperang. Drama ini menghabiskan biaya sangat fantastis, kurang dari 600 miliar rupaih. Menjadi salah satu drama yang berbugdet paling mahal selama proses produksinya.

Drama ini juga menggunakan beberapa bahasa lain yaitu, Korea, Jepang, English, Prancis, dan Rusia. Drama ini sendiri ditayangkan di jaringan tv kabel TVN dan untuk penayangan internasionalnya ditayangkan di Netflix dan tayang di puluhan negera di seluruh dunia.

Drama Mr. Sunshine merupakan hasil karya tim produksi yang sama dengan tim produksi drama populer seperti Descendents of The Sun dan Goblin mulai dari Script Writer-nya. Para pemainnya juga merupakan jajaran aktor/aktris ternama Korea Selatan yang kualitas aktingnya sudah tidak diragukan lagi.

Drama ini sering masuk jajaran drama rekomendasi paling favorite di twitter dan setelah beberapa tahun penanyangannya. Harus nonton drama ini sekali seumur hidup bagi pecinta drakor. Drama ini di produksi pada tahun 2018 dan aku menonton drama ini di tahun 2023. Aku jadi penasaran ditengah keboringan nonton drama korea percintaan. Dan aku harus bilang, aku MENYESAL GAK NONTONNYA DARI DULU wkwkwk. Bisa-bisanya aku melewatkan drama sebagus ini. huhu…

Simak ulasan drama Mr. Sunshine di bawah ini. Aku mau mereog dan menggalau sehabis menyelesaikan drama ini dengan mata bengkak, hidung pilek dan hati nyesek pol. Huhuhu..

Sinopsis Singkat Drama Mr. Sunshine

Eugene Choi (Lee Byung Hun), seorang tentara Amerika saat kecil lahir di Joseon tetapi karena peristiwa yang menimpa keluarganya yang menyebabkan kedua orang tuanya meninggal tepat di depan matanya membuatnya kabur dari tuannya. Masa lalu Eugene adalah seorang budak miliki salah satu bangsawan paling kaya pada masa itu. 

Dengan kearogansian keluarga bangsawan itu yang ingin menjual ibu Eugene kepada seorang pejabat negara membuat keluarga kecilnya harus tercerai berai dan meninggalkan bocah 9 tahun sendirian. Eugene berusaha kabur dari pengejaran karena bangsawan yang ingin membunuhnya membuat dia tidak mempunyai arah tujuan dan tempat tinggal.

Dalam pelariannya ia menemukan seorang pengrajin tembikar dan meminta pertolongan. Karena kondisi yang sulit saat itu karena Korea sedang perang dengan Amerika. Membuat pengrajin itu menolong Eugene dengan menyuruh seorang misionaris asal amerika yang sedang membeli tembikarnya untuk membawa dan menjaga Eugene di Amerika. Setelah banyak kesulitan yang dihadapinnya ia berhasil menjadi tentara Amerika dengan pangkat Kapten Korps Marinir AS. 

Eugene Choi kembali ke Korea dan menjadi konsultan Amerika, ia ditugaskan untuk sebuah misi. Selama di Joseon, Eugene bertemu dan jatuh cinta kepada seorang gadis bangsawan cantik  bernama Go Ae Shin (Kim Tae Ri). Tidak seperti kebanyakan gadis bangsawan lain, Ae Shin lebih tertarik dengan berita-berita politik ketimbang kegiatan menyulam atau melukis. Sempat ditentang sang kakek, Ae Shin akhirnya diijinkan untuk berlatih menembak di bawah pengawasan Jang Seung Goo (Choi Moo Sung) dan kemudian menjadi bagian dari pasukan kebenaran.

Kisah cinta Eugene dan Ae Shin penuh lika liku di mana status sosial mereka yang berbeda menjadi halangan, juga dari tunangan Ae Shin, Kim Hui Seong (Byun Yo Han). Selain itu ada Gu Dong Mae (Yoo Yeon Seok), seorang samurai kejam yang jatuh cinta juga kepada Ae Shin dan ada Kudo Hina (Kim Min Jung), pemilik Glory Hotel. Pada saat yang sama rakyat Joseon menghadapi upaya kolonisasi kekaisaran jepang dan pengkhianatan dari pejabat-pejabatnya yang pro dengan kekaisaran jepang. Juga ada banyak intrik-intrik politik serta perebutan tahta dan kekuasaan.

Pemain 

Drama Mr. Sunshine memiliki 5 (Lima) karakter utama untuk mendukung plot cerita yang menurutku sangat complacated. Setiap karakter mempunyai karakteristik yang menonjol begitu sulit untuk bias pada salah satunya. 

Eugene Choi (Lee Byung Hun) 

Drama Saeguk terbaik

Jujur aja, aku baru tahu Lee Byung Hun di drama ini. Yang aku dengar beliau ini adalah salah satu aktor Chungmuro jejeran aktor papan atas Korea Selatan yang actingnya sudah tidak diragukan lagi. Beliau bahkan pernah membintangi film hollywood dan aku gak tahu itu. hahah kemana aja aku ini?

Terbiasa dengan aktor muda nan tampan membuatku jarang menengok aktor yang sudah ahjussi. Tapi lewat drama Mr. Sunshine ini aku bisa melihat kepiawaan sang aktor hollywood ini. Actingnya beneran keran banget, aku sampe baper dibuatnya. Huhuhu.. ter-Eugene-Eugene pokoknya.

The first time aku aku melihat drama beliau ini. Karakter beliau ini sungguh karismatik, dewasa, penuh kehangatan tapi di balik itu semua ia menyimpan kesedihan yang mendalam. Ekspresinya dalam menampilkan kesedihan-kesedihan itu sangat jelas dan membuat hati terenyuh. Ia terlihat kuat dan tegas tapi di sisi lain ia juga terlihat rapuh dan kesepian. Tatapan matanya serta pembawaannya membuat aku benar-benar masuk dalam cerita dan mengaduk-aduk emosi. 

Eugene begitu rasional dan pintar memikirkan strategi. Ia tak ingin mendapatkan sesuatu setelah mengorbankan sesuatu. Seperti yang pernah ia katakan kalau ia tidak ingin merelakan semua yang ia miliki untuk Ae Shin karena jika ia benar-benar kehilangan semuanya, bagaimana caranya dia melindungi Ae Shin? Perkataan Eugene menurutku sangat realistis dan rasional, lebih terdengar tulus dibanding dengan perkataan lelaki biasanya yang bilang akan merelakan semua yang ia punya untuk wanitanya. Itu terdengan omong kosong karena dengan cinta saja tidak cukup. 

Bisa di bilang the first time aku melihat actingnya disaat itu juga aku jatuh cinta dengan ahjussi satu ini. Kisah cintanya dengan Ae Shin pun tidak berlebihan walaupun age gap dengan sang aktris cukup jauh. Tidak membuat kisah cinta diantara mereka terlihat jomplang. Chemistry sama Ae Shin juga manis banget. Apalagi Scene di kereta yang Ae Shin masang cincin di jari Eugene. Bikin hatiku meleleh. Aku baper, jiwa reogku langsung meronta-ronta. wkwkwk

Kim Tae Ri (Go Ae Shin)

Go Ae Shin gadis bangsawan yang sangat dihormati karena kebijaksanaanya, kelembutan, keanggunannya. Ia gadis yang pintar, cantik, terlihat polos dan murni karena didikan keluarganya yang kakeknya dulunya adalah pejabat yang sangat disegani.

Karena kecantikannya dan kebaikan hatinya membuat tiga pemuda jatuh cinta padanya dan rela melindunginya dari segala marabahaya dan rela mengorbankan nyawa demi pujaan hatinya. Ketiga lelaki ini memiliki caranya masing-masing untuk melindungi Ae Shin.

Pelindung Go Ae Shin

Orang tua Ae Shin dulunya adalah pejuang kemerdekaan membuat Go Ae Shin mewarisi semangat juang kedua orang tuanya yang mati dibunuh oleh pengkhianat Joseon. Ia memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi terhadap negaranya. Ia ingin berjuang membebaskan negaranya dari penjajahan. 

Ae Shin memiliki tekad yang kuat dan semnagat juang yang tinggi itu terlihat saat ia berlatih menembak dari yang pemula hingga menjadi sniper handal yang diandalkan oleh kelompoknnya. Tekadnya ini membuat Eugene choi rela mengorbankan nyawanya demi melindungi gadis yang di cintainya. Huhu.. 

Kim Hui Seong (Byun Yo Han)

Kim Hui Seong memiliki kepribadian yang unik, ia seorang playboy yang doyan main perempuan dan berjudi ya kayak bad boy pada umumnya mau se-nakal apapun pasti pengennya berakhir sama cewek baik-baik. 

Hui Seong punya kepribadian yang cerah dan ramah selalu berusaha akrab dengan orang lain. Ia selalu senyum dan terlihat bahagia seperti hidup tanpa beban dan tujuan yang jelas. Ia terkesan mudah karena sikapnya yang slengean dan suka cengengesan. Tapi dibalik sikapnya yang cengengesan ia punya sisi tanggung jawab dan empati yang begitu besar. Ia bisa merasakan rasa sakit orang lain meski seumur hidupnya dipenuhi kemudahan itu tak membuatnya menutup mata pada derita orang disekitarnya. 

Hui Seong punya caranya sendiri dalam berjuang meski ia tidak bisa mengangkat senjata seperti Eugene Choi dan Go Dung Mae. Ia memakai privilage dan wawasannya dengan sangat baik untuk mendukung Joseon dan melindungi gadis yang sangat ia cintai. Meski ia harus merelakan Ae Shin bahagia dengan pilihannya. 

Hui Seong ini terlihat sangat tulus meski ia dulunya doyan main perempuan, ia juga sangat romantis dan manis saat memperlakukan Ae Shin. Dah lah, aku juga baper sama Hui Seong. 

Go Dong Mae (Yoo Yeon Seok)

Go Dong Mae adalah seorang ali pedang yang pro Jepang, ia adalah ketua dari perkumpulan musin di Joseon, tepatnya Hanseong. Sebuah organisasi preman yang berpusat di jepang. Dong Mae terkenal dingin, sadis dan tak kenal ampun. Siapa pun yang menghalangi jalannya akan di tebasnya dengan pedangnya. Dong Mae suka bermandikan darah musuhnya. Ia dan anak buahnya sangat ditakuti di Joseon.

Meski begitu, Dong Mae juga punya sisi lembut ketika menyangkut gadis yang dicintainya Go Ae Shin. Ae Shin pernah menolongnya, membuat ia berhutang budi dengan gadis itu dan berusaha menorehkan namanya di hati Ae Shin agar selalu diingat meski caranya harus menyakiti hati Ae Shin. 

Terlihat sadis bukan berarti tidak mempunyai sisi  baik dalam diri Go Dong Mae. Ia menghukum orang yang benar-benar salah. Ia tidak melukai sembarangan orang. Sikapnya tidak mudah gegabah dan memperhitungkan setiap langkah yang dihadapinya membuat ia terlihat pintar dalam mengambil keputusan. Laki-laki yang penuh tanggung jawab termasuk kepada anak buahnya. 

Ia sangat mencintai Ae Shin dan rela mempertaruhkannya nyawa demi melindungi gadis yang pernah menyelamatkan hidupnya. Di balik bayang-bayang gelap Go Dong Mae selalu menjadi pelindung Ae Shin meski caranya tidak biasa. Ia juga menyayangi orang-orang terdekatnya berusaha melindungi dan rela menanggung semua beban. Benar-benar laki-laki idaman. Hehe

Kudo Hina (Kim Min Jung)

Kudo Hina wanita cantik, pintar, cerdik tau apa yang ia mau, tau harus apa yang ia lakukan dan sangat elegan serta anggun. Hina Kudo berkewarganegaraan jepang pemilik hotel The Glory yang sangat terkenal di Joseon. Hina pintar membaca situasi ia bertindak rasional dan bisa memprediksi bagaiamana hasil dari setiap tindakannya. Dulu ia orang Joseon, ayahnya menikahkannya dengan orang jepang sehingga sekarang kewarganegaraannya berubah.  

Hina memendam perasaan cinta pada Eugene, namun tak pernah diungkapkannya karena dari awal sekali ia tahu pada siapa cinta Eugene tertuju. Pada akhirnya dia merelakan cintanya pada Eugene dan jatuh hati kepada kebaikan hati Go Dong Mae. Tetapi cintanya juga bertepuk sebelah tangan karena Go Dong Mae hanya menyimpan nama Ae Shin di hatinya.

Awalnya aku pikir Kudo Hina ini tokoh antagonis. Melihat karakternya dari awal sangat misterius, cerdik, dan licik. Tapi setelah seiring ceritanya berjalan membuatku berubah pikiran. Kudo Hina dari awal sudah memikat dengan gaya berpakaian yang unik terkadang memakai pakaian ala barat, jepang, gaunnya pun sangat cantik dan terlihat sangat cocok dan pas dikenakan oleh Kudo Hina. 

Kudo Hina ini salah satu karakter cewek favorite aku banget cara dia menatap laki-laki terkadang terlihat genit dan menggoda tapi juga terlihat angkuh dan sombong ketika berhadapan dengan orang yang tidak ia sukai. Kudo Hina wanita yang tangguh bahkan ia pandai bermain anggar dan menggunakan senjata. 

Meski Kudo Hina sudah menajdi warga jepang tetapi di dalam hatinya ia tetap mencintai tanah airnya. Ia ikut berjuang bersama pasukan kebenaran membasmi tentara jepang dengan meledakkan hotelnya yang menjadi markas tentara Jepang. 

Keseluruhan karakter dalam drama Mr. Sunshine sangat berkesan. Terlebih satu satu tokoh penting berguguran akibat perang dengan jepang membuat hati benar-benar tersayat-sayat. Tidak hanya para tokoh utamanya tetapi peran pendukungnya pun actingnya sangat bagus dengan posri masing-masing. Drama ini banyak sekali menumbalkan tokohnya dan pada akhirnya hanya meninggalkan Ae Shin Seorang. 

Kesan Menonton Drama Mr. Sunshine

Awal nonton drama ini aku gak terlalu berekspektasi karena seperti kebanyakan drama saeguk lainnya banyak membahas masalah politik kerajaan. Dan di beberapa episode awal terasa membosankan. Tapi seiring cerita berjalan aku menemukan banyak hal menarik. Plot ceritanya sangat tidak biasa mengambil sejarah korea saat di jajah oleh jepang membuat drama ini tidak boleh dilewatkan.  

Belum ada cerita saeguk yang menampilkan cerita seperti ini selama aku menonton drama korea. Intrik ceritanya pun tidak hanya membahas masalah politik tetapi perjuangan, pengorbanan dengan di bumbui kisah cinta yang manis juga menyedihkan. Sepanjang nonton drama ini membuat aku banyak sekali menangis kalo mau nonton drama ini sebaiknya harus menyiapkan tisue. Huhu..

Drama Mr. Sunshine

Cinematographynya pun sangat indah dari informasi yang aku tahu drama ini dibuat menyesuaikan 4 musim. Efek CGI-nya juga sangat menakjubkan sangat memanjakan mata. Latar dan settingnya pun sangat mempesona wajar jika menghabiskan biaya yang fantastis. Kostumnya, properti yang digunakan benar-benar terasa nyata. 

Soundtrack-nya juga bagus-bagus banget dan tiap kali adegan dramatis tampil selalu diiringi soundtrack membuat adegan ini terasa sangat hidup. Duh benar-benar bikin sakit ati. Semuanya soundtrack-nya gak ada yang gak bagus dan tiap kali mendengarnya kita akan diajak mengenang tiap adegan dari drama ini. 

Tiap adegan dramatisnya sangat menyentuh relung hati. Aku gak tahu mau menggambarkannya seperti apalagi. Drama ini salah satu drama terbaik yang pernah aku tonton. Wajar kalo drama ini selalu masuk dalam drama yang selalu di rekomendasikan bahkan banyak yang ngasih bintang 10/10 di Twitter. 

Kesimpulan:

Aku sangat berterima kasih pada warga Twitter terutama warga base Kdrama yang sudah merekomendasikan drama ini dan selalu ngasih rating yang sangat membuat orang penasaran. Hahaha.. Aku jadi tahu ada drama sebagus ini. Aku juga akan merekomendasikan drama ini yang setidaknya seumur hidup harus nonton sekali.

Tidak lupa juga mengingatkan untuk menyiapkan tisu dan hati. Tumbalnya sangat banyak dan menguras emsoi dan air mata. huhu.. 

Well, sekian dulu review drama Mr. Sunshine dari aku. 

Aku sampai bingung mau menulis apalagi saking kerennya drama ini. so, yang belum nonton yuk buruan nonton di jamin gak bakal nyesel.


Related Posts

Posting Komentar