https://www.husnaroina.my.id/

Jalan-jalan Di Taman Kambang Iwak Palembang

3 komentar
Jalan-jalan di Taman Kambang Iwak Palembang

Taman kambang Iwak Palembang atau biasa disebut juga KI Park merupakan taman kota yang berada di tengah kota palembang. Tepatnya di Jl. Tasik, Talang semut, kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Kambang Iwak artinya kolam ikan. Ditengah-tengah nya terdapat kolam ikan buatan yang menjadi daya tarik utama taman ini. Sehingga area utama taman membentuk lingkaran. Taman ini juga mempunyai Jogging track yang biasa digunakan untuk orang-orang jogging.

jogging di kambang iwak
Jogging Track Kambang Iwak 

Tidak hanya untuk jogging taman Kambang Iwak menjadi salah satu tempat favorite warga Palembang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau komunitas lainnya. 

Taman ini mempunyai banyak sejarah dan sudah ada sejak tahun 1900-an yakni sejak kolonial Belanda masih menguasai. Pada waktu itu taman KI berfungsi sebagai tempat untuk berolahraga orang-orang Belanda. Namun, sekarang taman ini dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Kemarin sore aku berkunjung ke Kambang Iwak hanya untuk menikmati sore dibawah rindangnya pohon di taman. Yuk simak cerita jalan-jalan soreku. 

Spend Time di Taman Kambang Iwak Palembang 

Aku yang merasa bosan memutuskan untuk jalan-jalan ke KI sembari kulineran dan menawari salah satu temanku untuk ikut. Karena temanku sedang sakit akhirnya aku memutuskan pergi sendiri dan membawa satu buku bacaan, jurnal, dan alat tulis. Dari pada aku bermain hp lebih baik menikmati waktu sore membaca buku di bawah rindangnya pohon di taman.

Aku berkendara menggunakan sepeda motor milikku dari rumah menuju taman. Jarak waktu tempuh sekitar (-+) 3 menit karena memang lokasi rumahku dan taman Kambang Iwak sangat dekat. Setelah sampai disana suasana pedagang sepi biasanya setiap sore di taman ini selalu ramai dengan kuliner jajanan kekinian. 

Mungkin ada perubahan kebijakan tentang aturan dagang di taman atau penertiban sementara. Yang jelas aku tidak tahu.😂😂

Jadinya aku cukup kecewa niat mau jajan aku urungkan. Dan akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan sore mengelilingi taman sebelum menemukan spot yang cocok untuk duduk dan membaca buku. 

Karena lokasi dari rumahku sangat dekat sesekali aku suka ke taman ini untuk menghibur diri dari kepenatan. Tapi tidak untuk jogging wkwkw. Baru setengah putaran aku sudah ngos-ngosan. Dibanding jogging aku paling suka berjalan-jalan di area jogging track mengelilingi taman. 

Jalan-jalan sore di taman dengan cuaca yang tidak begitu terik menjadi alternatif healing gratis. Sekaligus bikin tubuh jadi sehat. Aku juga sering kali menikmati sunset duduk di pinggir kolam sembari menyantap kulineran. Biasanya kesini selalu datang bersama teman. Ternyata jalan-jalan sore seorang diri juga sama menyenangkannya. 

Setelah puas mengelilingi taman dan mendapat banyak foto aku akhirnya duduk dipinggir kolam di bawah pohon. Ini salah tempat favoriteku di taman ini. Fokus utama hamparan air kolam, angin sepoi-sepoi yang berhembus, dan matahari terbenam di sebelah kiri menambah keindahan sore.

Judul buku yang ku bawak ialah Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo. Membaca buku di ruang publik sangat menyenangkan dan menenangkan didukung suasana taman yang sejuk. 

baca buku di taman kambang iwak
Membaca buku di Taman Kambang Iwak


Rute Menuju Taman Kambang Iwak

Rute menuju taman ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota, bisa juga menggunakan ojek online. Taman ini berada dekat jalan raya sehingga mudah ditemukan.

Terdapat sejumlah rute angkutan kota yang melintasi Taman Kambang Iwak, yakni jurusan Ampera-pasar KM 5, Ampera-Bukit Besar, Ampera-Perumnas, serta Tangga Buntung-Ampera.

Jam Operasional dan Harga Tiket Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak merupakan fasilitas umum, sehingga tidak ada batasan waktu khusus mengenai jam bukanya. Taman ini terbuka selama 24 jam. Aku lebih suka mengunjungi taman ini di waktu sore. Karena pemandangan yang indah membuatku betah berlama-lama.

Untuk memasuki taman Kambang Iwak tidak perlu tiket masuk karena gratis hanya cukup menyediakan uang parkir sebesar Rp.2000 untuk yang bawak kendaraan bermotor. Dan Rp.5000 untuk kendaran roda empat. 

Jika ingin berkunjung tetap usahakan membawa uang jika ini jajan. Taman ini di kelilingi oleh tempat-tempat makan seperti KFC, Starbuck, Gunz café, Logo, dll. Juga ada banyak pedagang kaki lima dengan jajanan kekinian di lokasi taman seperti, telur gulung, siomay, bakso, tekwan, model, seblak, makanan ala-ala korea, salad buah, serta minuman boba seperti thai tea, matcha, jeruk peras dll.

Di taman Kambang Iwak juga banyak area bermain anak-anak seperti seluncuran dan fasilitas ini gratis ada juga pedagang lukis anak dan mandi bola. Kalau ini bayar ya teman-teman tidak gratis. 😂😂

Ada sebuah jembatan yang membela danau kalau ingin mengambil rute cepat sewaktu jalan-jalan atau jogging bisa menggunakan jembatan tersebut. Jembatan ini dibentuk mirip jembatan Ampera versi kw sekian wkwkw…

Jembatan taman kambang iwak
Jembatan Taman Kambang Iwak

Sewaktu berjalan-jalan kita akan banyak menemukan tempat sewa scuter dan sepeda listrik di pinggiran taman. Tidak hanya bisa untuk jogging dan jalan-jalan saja tetapi juga bermain-main dengan scuter dan sepeda listrik pun bisa dilakukan. Tinggal menyewanya saja sudah bisa digunakan cukup bayar Rp.10-15rb per/10 menit. 

lapangan bermain scuter
Penyewaan Scuter 


Fasilitas Taman Kambang Iwak Palembang

Tempat duduk di taman kambang iwak
Area tempat duduk

Fasilitas yang ada di lokasi Taman Kambang Iwak diantaranya:

  • Area bermain anak-anak
  • Tempat duduk-duduk santai
  • Kran air yang dapat diminum secara langsung
  • Toilet umum 
  • Gazebo 
  • Area lapangan biasanya digunakan untuk senam setiap hari minggu pagi
  • Tempat parkir memadai
  • Spot foto menarik 

Ragam Kegiatan di Taman Kambang Iwak 

Area duduk
kegiatan dan area duduk di taman Kambang Iwak

Taman ini banyak dikunjungi oleh semua kalangan dari yang anak-anak, remaja hingga orang dewasa baik pagi maupun sore hari. Disini kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini:

  • Besantai dan menikmati keindahan taman 
  • Berolahraga 
  • Menghabiskan waktu bersama
  • Bermain skuter dan sepeda
  • Bermain scate board
  • Bermain badminton
  • Jajan dan makan sambil mengobrol
  • Bikin konten
  • Hunting foto
  • Membaca buku
  • Piknik

Penutup 

Taman adalah fasilitas umum yang bisa dinikmati secara gratis. Jadi sebaiknya fasilitas yang ada di rawat dan dijaga agar kelestariannya tetap terjaga dan bisa digunakan untuk waktu yang panjang. 

Biasakan juga untuk membuang sampah ditempatnya karena hampir disetiap sudut taman sudah disediakan kotak sampah. Jadilah pengunjung yang sopan dan baik terhadap lingkungan. 

Adakah yang sudah pernah ke Taman Kambang Iwak Palembang? Atau jalan-jalan dan menghabiskan waktu sore di taman? Yuk, Share di kolom komentar, ya 


Related Posts

3 komentar

  1. Enak kayaknya ya, baca buku di sana 🤤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk enak banget adem dan sejuk😄

      Hapus
  2. Enak banget nih baca buku dengan suasana ya nyaman begitu, bisa nih siapin bantal sekalian tamasya kali ya

    BalasHapus

Posting Komentar