https://www.husnaroina.my.id/

Rekomendasi Buku Self Love Yang Wajib Untuk di Baca

4 komentar
Rekomendasi Buku Self Love yang wajib untuk di baca

Hallo.. sahabat Rui. Selamat datang kembali. 

Rekomendasi buku self love. Suka merasa nggak puas sama pencapaian yang kita punya. Dan tanpa sadar merasa resah dan gelisah terhadap pencapaian milik orang lain. Dan mulai overthingking dengan membandingkan diri sendiri dengan kepunyaan orang lain. 

Huft.. rasanya capek banget gak sih, hidup penuh dengan overthingking. Selalu merasa insecure, selalu menganggap diri tidak punya kemampuan apa-apa. Selalu merasa diri ini nggak ada perkembangan yang signifikan layaknya yang bisa di banggakan. Dan selalu merasa buruk, nggak percaya diri dan tidak berharga.

Kalau kita terus-terusan merasa seperti itu, kita akan kehilangan semangat untuk hidup dan malah membuat kita nggak ada kemajuan sama sekali. Dan ini akan berdampak fatal pada kesehatan mental kita. Mungkin gak satu atau dua orang yang pernah ada di fase seperti ini. Ada banyak orang koq di luar sana. Dan itu wajar-wajar aja sih.

It’s oke not to be okey. Untuk mengakui diri sedang tidak baik, itu gak apa-apa. Kita nggak harus koq, selalu terlihat kuat. Hidup emang suka sebercanda itu. Tapi bukan berarti kita menormalisasi keadaan itu terus menerus. Dan membuat kita terus terbelenggu dengan pikiran negatif kita sendiri.

Nah, biar gak terus-terusan merasa insecure dan overthingking. Cobalah untuk melakukan self love.

Apa Yang Dimaksud Self Love?

Pertanyaan ini sederhana tapi punya makna yang sangat mendalam loh yang dapat mempengaruhi kehidupan kita kedepannya. Di zaman sekarang ini banyak orang sudah tahu bahwa self love sangat penting.

Self love adalah sebuah keaadaan untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Tindakan ini bisa mengembangkan rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri. Self love juga salah satu cara untuk mengenal diri sendiri lebih jauh. 

Menerapkan self love akan membuat kita bisa menerima diri kita apa adanya. Serta bisa membuat kita berpikiran positif. Dan belajar mencintai diri kita sendiri. Nah, untuk belajar mencintai diri sendiri bisa banget dibantu dengan membaca buku-buku tentang self love. 

Ada banyak banget buku yang membahas tentang cara self love. Yuk, kita intip beberapa rekomendasi buku self love yang wajib banget untuk di baca. 

Baca juga: Ulasan Buku Snow White

5 Rekomendasi Buku Self Love Yang Wajib di Baca

Self Improvment Filosofi Teras
Sumber: Instagram @husna_roina

1. Filosofi Teras

Filosofi teras buku karya Henry Manampiring ini rilis pada tahun 2018. Buku ini membahas tentang filsafat Stao. Meskipun membahas soal filsafat nggak akan bikin pusing. Buku ini juga sangat ringan dan mudah dipahami cocok banget dibaca oleh generasi milineal dan gen-Z. Dan juga related dengan kehidupan sehari-hari kita. 

Buku ini menyajikan gambaran bahwa semua masalah bisa kita hadapin. Maupun besar kecil masalah tersebut yang paling penting bagaimana cara kita menyikapinya. Ada yang bisa kita kendalikan dan ada yang nggak bisa. Penulis buku ini juga mengajak kita untuk menyadari kalau kita nggak memiliki kuasa untuk mengendalikan segalanya. Dan cukup memaksimalkan apa yang sudah kita punya.

Jika kita bisa mengendalikan persepsi dan pikiran kita yang selama ini bertanggung jawab terhadap semua emosi negatif kita, sesungguhnya rasa damai dan tentram selalu bisa kita ciptakan tanpa harus menunggu hidup memperlakukan kita dengan baik. –hlm 109


Buku Self Improvment How To Respect Myself
Sumber: Fimale.com

2. How To Respect Myself

How To Respect myself ditulis oleh Yoon Hong Gyun, seorang dokter spesialis kejiwaan asal Korea Selatan. Buku ini memuat penjelasan tentang cara untuk mengenal diri sendiri, menghargai diri sendiri, dan juga mencintai diri sendiri. 

Buku ini cocok banget dibaca sama orang yang lagi mengalami krisis rasa percaya diri. Bab-bab dari buku ini juga membahas tentang sulitnya mengontrol perasaan. Kalau berhubungan dengan perasaan sudah pasti berkaitan juga dong sama emosi. Nah, dalam pembahasannya penulisnya juga mengajak kita mengenal berbagai emosi. Yang mana isi buku ini sangat relevan dengan kehidupan nyata. 

Saya akan merekomendasikan buku ini untuk sahabat Rui yang ingin mendapatkan berbagai tips praktis untuk menangani perasaan rendah diri dan tips untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

"Kita tidak bisa menjadi pribadi yang selalu dicintai oleh semua orang. Masalah akan selalu datang dalam kehidupan kita. Kita akan mengalami penolakan. Kita akan mengecewakan. Hati kita tak selamanya diliputi oleh kebaikan. Setiap orang memiliki masalah internal. Ada ambisi, nafsu, kecemburuan, dan rasa iri yang tersembunyi. Ada rasa kurang percaya diri dan hasrat untuk bergantung". –hlm 65


Buku self love
Sumber: natha.co.id

3. love Yourself

Love yourself adalah cara terbaik untuk nggak memandang keburukan dalam diri kita. Buku ini ditulis oleh Relevantiana. Penulis buku ini mengajak kita untuk menyembuhkan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, mengenal diri sendiri dan tentunya dengan bersyukur dengan keadaan diri sendiri. 

Selain itu, isi dalam buku ini juga mengajak kita untuk meyakini bahwa kita telah melakukan yang terbaik dan semua orang berhak bahagia. Buku ini juga membahas beberapa tips bagaimana cara mengahadapi beberapa masalah yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita.

"Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois, tapi upaya lebih menghargai hidup".

Baca Juga:
Review Holy Mother


Buku self love Imperfect
Sumber: Gramedia.com


4. Imperfect

Pernah nggak sahabat Rui merasa tidak nyaman dengan tubuh sendiri? karena gendut atau mungkin terlalu kurus? Atau merasa penampilan selalu nggak menarik? Jika ya jawabannya, buku Imperfect ini sangat cocok untuk dibaca.

Eits.. tunggu dulu. Rasanya nggak asing ya, sama judulnya. yapz, Buku ini pernah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Udah pada nonton belum filmnya? 

Buku yang ditulis oleh Meira Anastasia istri dari Ernest Prakarsa ditulis berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri. Buku non-fiksi ini bisa membuka mata kita dan juga memberi pelajaran tentang memandang diri sendiri. Bahwa ketidaksempurnaan manusia dan bagaimana kita sebaliknya menerima hal tersebut dengan adanya dan mengubah ke arah yang lebih baik karena kesadaran untuk hidup lebih sehat.

Dari pada terlalu fokus pada kesempurnaan orang lain yang sering kita lihat, mendingan kita fokus untuk menjadi sempurna bagi diri kita sendiri. Bukan sempurna secara fisik, tapi secara pikiran dan hati, untuk lebih mencintai diri sendiri. –hlm 129 


Buku Self Love Hidup Apa Adanya
Sumber: natha.co.id


5. Hidup Apa Adanya

Buku ini sempet viral banget loh menjadi salah satu buku yang direkomendasiin oleh Jungkook BTS. Buku yang ditulis oleh Kim Suhyun ini berdasarkan pemikiran atas kehidupannya sendiri. Buku ini sebagai motivasi untuk mengajak kita menikmati hidup dengan apa adanya agar bisa merasa bahagia dengan cara yang sederhana.

Buku Hidup Apa Adanya bisa memotivasi, menenagkan dan menghibur para pembaca. Buku ini juga mengajak kita untuk nggak merasa iri, membenci orang lain, dan cara menyanyangi diri sendiri. Nah, cocok banget untuk Sahabat Rui yang sedang lelah menjalani hidup. Kita juga bisa menemukan perspektif yang baru tentang cara memaknai hidup dan semakin mencintai diri sendiri. 

Kita nggak perlu memusingkan pendapat dan penilaian orang lain yang nggak benar tentang kita. Siapa yang akan mencintai diri kita kalau nggak kita sendiri yang mencintai. 

"Demi bisa hidup dengan tidak kehilangan unsur kemanusian di dunia yang kejam ini, kita harus lebih memperhatikan diri sendiri dan harus lebih berani untuk berhadapan dengan ketidakadilan, penghinaan, dan kekhawatiran. Lalu, kita juga tidak boleh lupa dengan apa yang menjadi tugas kita demi kemajuan sosial, diri sendiri, dan juga orang lain. Jangan iri terhadap orang lain yang sama bisanya seperti kita. Tahanlah dirimu agar bisa terus hidup di antara orang-orang yang banyak memberikan pandangan dingin kepada kita". – hlm 272

Nah, sahabat Rui itu adalah beberapa rekomendasi buku self love yang bisa menjadi bantuan untuk lebih mengenal dan mencintai diri sendiri. Buku-buku tersebut juga bisa membuat kita mempelajari mengatasi masa-masa sulit. Juga membantu meningkatkan rasa percaya diri kita. 

Dari semua rekomendasi diatas sahabat Rui sudah baca buku apa aja? yuk cerita di kolom komentar. Kalau belum punya bukunya, kamu bisa mendapatkan buku-buku tersebut dengan mengunjungi toko buku terdekat di daerahmu atau bisa juga berkunjung ke Gramedia.com. yuk mari bangkit dari rasa insecure.

Terima kasih sudah datang dan membaca tulisanku ya. Yuk, kunjungi blogku untuk membaca cerita lainnya. 

Have nice day. See you ^.^   

Related Posts

4 komentar

  1. Wah, bisa jadi daftar tbr selanjutnya nih. Makasih infonya, mba :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih rekomendasinya, Kak. Belum ada yang dibaca, baru tahu selewat jalan cerita Imperfect.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas rekomendasi bukunya mb...selflove ini sll menjadi bahan perbincangan yg menarik ya!

    BalasHapus
  4. Dari sekian banyak buku, cuma Imperfact doang yang udab kubaca....

    BalasHapus

Posting Komentar