https://www.husnaroina.my.id/

Yuk, Rayakan Hari Blogger Nasional 2022

Posting Komentar
rayakan hari blogger nasional

Saya mau ucapin Selamat Hari Blogger Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 27 oktober 2022 kemarin. Buat saya dan buat para narablog yang membaca tulisan ini. Kali pertama bagi saya memeriahkan Hari Blogger karena saya baru setahun aktif menulis blog. Masih seorang pemula di dunia blog.

Saya pernah berpikir bahwa menjadi seorang blogger itu mudah, tinggal bikin tulisan curhat lalu posting. Akan tetapi setelah berkecimpung saya menjadi tahu banyak hal. Bahwa menjadi seorang blogger bukan lah hal mudah dan gampang. 

Ada banyak hal yang harus dipelajarin agar tulisan kita dilirik oleh orang lain. Bukannya hanya sekadar di posting lantas orang lain akan menemukan tulisan kita langsung di halaman depan Google.

Saya dari dulu ingin sekali belajar ngeblog biar tulisan saya bisa dibaca dan menjangkau lebih banyak orang. Bertemu lah saya dengan Blogspedia Coaching yang mengajarkan ilmu-ilmu ngeblog dari dasar. Saya sangat senang jarang ada kelas blog yang mau mengajarkan dari dasar dan tips-tips agar artikel nangkring di page-on Google secara practice.

Mengikuti kelas blog bersama Blogspedia Coaching membuat saya bersemangat. Saya mempunyai banyak experince menulis dalam berbagai tema yang berbeda. Membuat kemampuan menulis saya semakin meningkat. 

Tidak hanya sekadar menulis cerpen yang biasa dilakukan di Komunitas Kota Kota atau menulis review buku di postingan Instagram. Tetapi di Blogspedia Coaching diajarkan menulis dengan personal taste milik kita sendiri. Menjadikan tulisan di blog bermanfaat untuk orang yang membacanya juga. 

Mungkin bagi sebagian orang yang tidak terjun ke dalam dunia blogging tidak tahu bahwa ada Hari Blogger Nasional di kalender negara kita tercinta. Sama seperti saya dulu yang tidak tahu sama sekali. Hehe.

Dan keberadaan para blogger juga tidak begitu terlihat jika kita tidak bergabung ke dalam komunitasnya atau sengaja mencari tahu tentangnya. Jadi apakah blogger itu masih ada? jawabannya of course, masih ada bahkan sangat eksis. Mereka adalah orang-orang yang mungkin tanpa sadar memberi solusi permasalahanmu lewat artikel-artikel yang kamu baca di Google. 

Jadi sejauh apa kamu tahu tentang blogger? Yuk cari tahu di bawah ini.

Sejarah Hari Blogger Nasional

Hari Blogger Nasional jatuh pada tanggal 27 Oktober setiap tahunnya. Ternyata, Hari Blogger Nasional memiliki sejarah dengan tujuan menginspirasi para blogger agar tetap tekun dan bersemangat menularkan kreativitas dan kebermanfaatan untuk banyak orang.

Awal mula pencetusan Hari Blogger Nasional terjadi pada era Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Prof Dr Mohammad Nuh pada tahun 2007. Sebelumnya Hari Blogger Nasional dikenal dengan nama Pesta Blogger, acara yang ditujukan untuk mewadahi para blogger. Namun pada 2007, Dr. Mohammad Nur mencanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Istilah blog berasal dari dua kata, yaitu web log. Sebuah blog dapat diartikan juga sebagai catatan, jurnal, diary, atau apapun yang ingin kita tulis, yang dipublikasikan di dalam sebuah website secara online. Menjadi wadah bagi orang-orang yang suka menulis dan ingin menjadi seorang penulis. 

Saya merasa beruntung bisa mengenal blog. Mimpi saya sedari masa sekolah ingin menjadi seorang penulis. Lewat blog saya bisa meraih mimpi kecil untuk menjadi seorang penulis walaupun hanya di blog milik sendiri. 

Pencarian Jati Diri

Jujur saja, saya masih mencari jati diri. Siapa saya ini? Saya bimbang dalam karir. Saya menyukai dunia literasi menjadikan blog ini sebagai sarana menyalurkan hobi menulis saya. Tapi dalam karir apakah saya sudah menjadi seorang penulis? Saya bahkan belum mendapatkan penghasilan apa pun dari blog ini karena bisa dikatakan blog ini baru menetas. 

Blog ini saya jadikan catatan-catatan tempat saya berbagi dan bercerita. Walaupun banyak lah magernya untuk menulis tapi dengan bergabung dengan komunitas saya punya deadline yang mengharuskan saya menulis  dan setor bulanan. Jadi, ada kewajiban untuk terus menulis. 

Ngakunya suka menulis tapi jarang nulis (tertampar realita hahaha. Itulah saya😅)

It’s okey semuanya butuh proses untuk membiasakan diri. Mulai belajar konsisten dan lebih rajin lagi posting jangan terus-terusan menunggu deadline.

Lewat blog ini saya mempunyai tujuan hidup dan alasan untuk bertahan. Ditengah gempuran perasaan insecure dan minder membuat saya menemukan setitik harapan untuk meraih mimpi kecil saya. 

Saya menemukan passion saya dan ingin menjadikannya sebagai ladang penghasilan di masa yang akan datang. Di masa yang akan datang saya akan menjadi seorang istri dan seorang ibu. Dengan blog ini saya tetap bisa mempertahankan eksistensi diri dan berkarya serta memberi kebermanfaatan untuk orang lain lewat tulisan saya. 

Saya menemukan jati diri dan apa yang ingin saya capai di masa yang akan datang. Meski saat ini karir saya masih belum jelas seperti apa. Saya masih mengusahakannya dan akan terus berusaha. Tulisan ini saya buat sebagai pengingat untuk diri saya sendiri. 

Terima kasih untuk coach Marita Ningtyas yang sudah memberi kesempatan untuk saya mengenal dunia blogger lebih dalam. Semoga menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir untuk beliau. 

Selamat Hari Blogger Nasional 2022

twibon chellenge blogspedia

Ketika pertama kali memulai kelas di Blogspedia Coaching. Kami disuruh menulis tentang big why ngeblog? Dan alasan apa yang mendasarinya? Materi yang diberikan ini membuat kami mempunyai pondasi yang kuat untuk berpegang teguh dengan alasan yang sudah kami pikirkan dan kami buat. 

Begitu juga dengan saya menuliskan alasan saya ngeblog. Menjadikan saya tetap bertahan hingga sekarang dan melewati tantangan demi tantangan dari materi yang sudah diberikan oleh coach Marita. Saya sangat senang dan besyukur bisa bergabung menjadi anggota the Cupuers-Blogspedia. 

Saya mendapatkan banyak teman baru dan juga ilmu-ilmu baru yang membuat saya bersemangat untuk terus belajar. 

Kendala Ngbelog

Masih banyak kendala yang saya hadapi terkait ngeblog. Masih banyak hal teknis yang belum saya pahami. Masalah utak atik template aja kadang masih bingung. Mau edit edit html juga masih kurang paham, membaca Google Analytics, Google Search Consule dan masih banyak lagi.

Tapi kesulitan-kesulitan itu adalah sebuah tantangan bagi saya untuk menaklukkannya. Ketika saya sudah mengatasi kendala-kedala itu saya sudah mengantongi skill baru dan itu membuat saya semangat untuk belajar walaupun sangat amat memusingkan. 

Saya sangat meyukai hal-hal baru dan mempelajarinya. Apalagi ketika menguasainya saya bisa bangga dengan pencapaian diri sendiri sebagai bentuk saya sudah bekerja keras dan mencintai diri saya. 

Tulisan ini juga sebagai pengingat untuk saya ketika saya sudah menaklukkan kesulitan-kesulitan yang saya hadapin saat ini. 

Sebagaimana seorang blogger yang sudah sukses dan sudah berpenghasilan, saya juga akan menjadi seperti mereka bisa mendapatkan penghasilan dari blog ini.  

“Ucapan adalah doa, maka tulisan dengan penuh keyakinan juga adalah doa” 

Semangat untuk narablog yang sedang berjuang merintis karir dan semangat juga untuk saya. kamu pasti bisa. 

“Bermimpilah selagi bermimpi itu gratis”

Saya ucapakan Selamat Hari blogger Nasional. Fighting..

Related Posts

Posting Komentar