https://www.husnaroina.my.id/

5 Alasan Ngeblog dan Tips Mengelola Waktunya

16 komentar
5-alasan-ngeblog


5 alasan ngeblog dan tips mengelola waktunya. Beruntung sekali saya bisa bergabung dan terpilih dalam kelas Blogspedia. Penantian mengikuti kelas blogger akhirnya bisa saya rasakan. Dalam materi yang disampaikan oleh coach Marita Ningtyas sebagai meteri pertama dari kelas ini. Alasan terbesar ingin memulai ngeblog. Sebagai pondasi awal untuk memulai blog tentu harus tahu tujuan dari membuat blog ini. Apa yang diinginkan dan diharapkan dari membuat blog ini. Dan materi itu membuat saya banyak merenung apa yang menjadi keinginan terbesar saya dalam membuat blog. 

Keinginan saya membuat blog pertama kali ialah sebagai jurnal tempat saya ingin mencurahkan segala pemikiran dan perasaan bagaikan sebuah diary. Saya tidak ingin diketahui oleh orang lain dengan membuat nama yang berbeda dari nama asli. Saya ingin bebas mencurahkan segala pemikiran dan perasaan tanpa orang lain menjugde siapa diri saya yang sebenarnya. Saya ingin bersembunyi dibalik nama yang berbeda. 

Saya suka membaca dan menulis dari kecil dan bercita-cita menjadi seorang penulis. Tapi rasanya sangat sulit untuk menjadi seorang penulis yang menerbitkan buku solo. Jadi saya memilih ngeblog untuk menyalurkan tulisan dan pendapat dalam cerita yang lebih panjang. 

5 Alasan Mengapa Menulis Blog

  •  Melatih Keterampilan Menulis

Merasa tulisan dan cara bercerita yang masih kaku membuat saya ingin melatih agar tulisan enak dibaca. Saya menyukai dunia dunia tulis menulis. Saya suka menulis puisi tapi tidak berani menulis secara gamblang. Bisa dibilang menyembunyikan apa yang ingin saya sampaikan lewat puisi, tapi menulis puisi tidak cukup untuk mengalirkan semua perasaan itu. Hingga saya memutuskan membuat blog. Saya ingin belajar lebih gamblang dalam menyampaikan pemikiran dan perasaan. Ingin lebih berani dan mengeksplore dan mengasah kemampuan menulis lebih jauh. 

Saya bukan orang yang pandai dalam berbicara, penyampaian pun masih belibet. Sering kali terdistraksi karena tidak sanggup berargumen dan gampang membuat saya lelah dan malah memilih diam. Dengan menulis saya merasa bebas dalam bersuara. Lebih leluasa dan lebih bisa menjadi diri sendiri. Menulis Juga melatih kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan isi pikiran dan perasaan dengan lebih runut dan jelas.

Blog juga digunakan untuk melihat kemajuan tulisan seberepa berkembang kemampuan menulis dari waktu ke waktu. Semakin banyak menulis akan semakin terasah kemampuan itu. Sembari menulis juga melatih kemampuan bercerita. Apakah cara penyampaian saya lebih baik seiring berjalannya waktu. 

  • Menyalurkan Hobi

Saya menyukai dunia literasi. Hal-hal berkaitan dengan menulis dan membaca. Saya membuat blog agar bisa mengeksplore hobi lebih jauh. Saya suka menulis review buku di akun instagram karena keterbatasan kata membuat saya merasa tidak puas menyampaikan informasi yang ada di dalam buku tersebut. Dan berkeinginan membuat blog agar bisa menulis dengan lebih leluasa. Bahkan saya ingin becerita hal-hal yang tidak penting sekalipun layaknya becerita dengan seorang teman. Saya tidak memiliki teman yang bisa diajak berbagi seputar buku di lingkungan saya. Teman-teman tidak suka membaca buku sehingga saya tidak tahu ingin becerita kepada siapa. Dan menulis di blog sebagai rumah untuk lebih berekspresi dan menyalurkan hal-hal yang disukai. 

  • Tempat Bercerita

Ada banyak keresahan hati dan banyaknya pemikiran yang terkadang tidak bisa di tampung sendiri, yang sering kali ketika saya bercerita orang lain tidak mengerti. Saya ingin menuliskan hal itu dengan secara jelas sehingga orang lain bisa memahami apa maksud saya. Juga berharap lewat tulisan-tulisan saya bisa menemukan orang yang punya cerita yang sama dengan saya. Bahwa di dunia ini kita tidak sendiri ada orang lain juga yang merasakan hal yang sama. Saya ingin membuat blog ini sebagai sarana tempat mencari dan menemukan. Tempat berbagi pelukan hangat lewat sebuah tulisan.  

  • Ingin Berbagi

Ada banyak cerita yang menarik yang ingin sekali saya bagi, entah sebuah pengalaman, trik dan tips, berbagi ilmu atau sekadar review sebuah buku. Dengan menulis di blog, saya ingin menjadi orang yang bermanfaat dan membagikan apa yang saya dapat. Mungkin bisa jadi pelajaran untuk orang lain. 

Manusia yang berguna adalah yang memberikan manfaat bagi orang lain. Sebagai seorang introver yang tidak pandai berbaur dan bersosialisasi di lingkungan membuat saya kesulitan mengekspresikan diri. Dengan melalui tulisan saya berharap tulisan-tulisan saya bisa membantu orang lain. 

  • Mendapatkan Pemasukan

Salah satu keinginan saya bisa berkarir dari hal yang disukai. Tidak dipungkiri saya juga berharap dari menulis blog mendapatkan job dan pemasukan. Akan sangat menyenangkan mendapatkan hasil dari kegiatan yang disukai. Menjadi impian saya juga meniti karir dari sebuah hobi yang disenangi. 

Tulisan-tulisan yang bagus tidak datang sekejap mata. Butuh perenungan dan wkatu untuk menulisnya. Begitu juga menulis di blog. Butuh waktu untuk menulis cerita atau artikel menjadi sebuah kesatuan yg utuh. Saya masih seorang pemula bisa dibilang tidak mempunyai waktu khusus untuk mengelola blog. saya masih sesuka hati melakukannya. Jika ingin saya buka, tidak ingin tidak dibuka. Karena pemahaman yang minim dalam dunia blogging membuat saya merasa malas untuk membukanya. Saya berharap setelah mengikuti kelas dari Blogspedia.com ini saya bisa lebih konsisten dalam menulis blog dan lebih bisa mengelola waktu dengan baik. 

Dari materi yang saya dapat di kelas pertama ini sebaiknya kita bisa menyempatkan waktu untuk ngeblog. Memang menyisikan waktu sengaja buat blog. Saya ingin membagikan beberapa tips meluangkan waktu buat blog berdasarkan pengalam pribadi.  

Tips Mengelola Waktu Buat Ngeblog


tip-mengelola-waktu-buat-ngeblog

  • Luangkan Waktu 1- 2 Jam Buat Ngeblog

Dengan sengaja meluangkan waktu 1- 2 jam setiap hari bisa melatih konsistensi dalam menulis blog. Entah hanya sekadar ngoprek template, draft untuk bahan tulisan, atau membalas komentar pengunjung blog, dan mengecak jumlah kunjungan yang datang ke blog kita. Karena masih pemula biasanya saya hanya menulis dan memposting di blog. Dan membuat desain yang sesuai dengan kebutuhan tulisan. Sesekali belajar ngoprek template dari you tube. 

  • Setelah Semua Pekerjaan Selesai

Saya biasanya menulis setelah pekerjaan rumah sudah selesai. Sudah mandi, rapi dan sudah makan sehingga pikiran sudah tenang karena semua pekerjaan sudah beres. Dan lebih bisa konsentrasi karena perut sudah terisi. Jadi tidak ada gangguan lagi setelah mulai menulis.

  • Siang atau Malam Hari

Kalau di siang hari tidak bisa, biasanya akan diusahakan menulis setelah shalat magrib. Karena saya belum menikah sehingga tidak ada yang harus di urus membuat waktu saya lebih fleksibel. Mau siang atau malam saya bisa menyempatkan sedikit waktu untuk menulis. Karena sedang menunggu SK Yudisium, saya belum memiliki pekerjaan tetap dan membuat saya punya waktu luang yang banyak. 

Menulis malam mungkin menjadi beberapa pilihan orang lain, tapi saya mengusahakan tidak mengerjakan di waktu malam. Karena malam waktunya istirahat dan tidur. Mengurangi waktu istrahat akan membuat kesehatan tubuh  tidak segar. Saya juga bukan orang yang bisa bergadang.

  • Sengaja Tidak Membuat Agenda Janji Temu

Jika ada tulisan yang ingin di tulis atau tugas biasanya saya meluangkan waktu sehari full untuk membuat tugas. Sehingga saya bisa lebih fokus dalam mengerjakannya. Saya tidak akan membuat agenda janji temu ketika sedang membuat tulisan. Dan lebih baik menjadwalkan ulang janji itu agar waktu tidak terbagi dan bisa lebih fokus tanpa merasa resah dan bersalah karena tidak sesuai dengan harapan dan jadwal. 

Karena masih pemula, itulah 5 alasan ngeblog dan tips mengelola waktunya versi saya. Karena saya melakukannya masih sesuka hati. Tapi kedepannya saya berusha ingin menjadwal kegiatan sehari-hari agar lebih terjadwal dan terarah termasuk jadwal buat ngeblog.

Related Posts

16 komentar

  1. Ternyata banyak ya alasan ngeblog.. kalau aku apa ya.. buat seneng2 aja deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung dibales sama coach-nya loh hoho mantaap

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Halo Mbak! Kayaknya kita punya satu kesamaan nih. Belibet kalau ngomong wkwk. Nulis bisa jadi salah satu jalan ninjaku supaya lebih tertata dalam berpikir. Dan ngeblog sebagai medianya itu paaaas banget karena kita bisa lebih jujur dalam menulis. Gitu nggak si? hehe.Salam kenal yaaa :D Semoga lulus bareng di BC #3 inii

    BalasHapus
  3. Semangat nulisnya ya! Kalau aku yang udah jadi emak emak gini waktunya jadi nggak tentu dek semoga bisa konsisten kedepannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn. Makasih mbk doanya.. Semoga bisa istiqomah.

      Hapus
  4. keren kak husna, banyak alasan untuk nge blog biar big why nya semakin besar juga, jadi tambah semangat untuk nge blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Semoga semangatnya gk turun. Huhuu.. buat kak arief semangat juga. Hehe

      Hapus
  5. Kereeen bnaget ni kak.. Semangat ketika sudah menemukan big why nya smg dimudahkan ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn kak. Semoga bisa tetap istiqomah. Huhuhu

      Hapus
  6. Aku dulu juga introvert, dan langkah awal berubahnya dgn berani bicara melalui tulisan, sama seperti kamu. Sekarang, aku malah ketagihan tuk jadi MC di depan umum, hehe. Semoga dgn blog ini bisa menjadikan kamu jauh lebih baik lagi ya. Semangat. Kita berjuang bersama 💪😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Masih belum berani kalau ngmg di depan orang banyak. Semoga dengan bisa jd lebih berani. Dan bisa ikut jejak mbk Putri🥰. Hehe

      Hapus
  7. Alasan paling utama apa mbak? Kalo aku jujur bentuk healing, bikin candu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasannya buat melatih keterampilan nulis sama buat nyalurin hobi mbk. Hehe.
      Semangat mbk, semoga jadi tempat healing terbaik🤗

      Hapus
  8. Sepertinya memang perlu banget ya meluangkan waktu khusus meskipun hanya 1-2 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Menurut para senior diusahakan. Aku juga masih diusahakan. Biar semangatnya tetap terjaga🤭

      Hapus

Posting Komentar