https://www.husnaroina.my.id/

Review Film 2037

1 komentar
2037 film viral tahun 2022
Film2037

Aku baru selesai nonton film 2037 yang sedang viral di sosmed. Jadi aku akan membagikan review film 2037 yang sudah aku tonton ini. Film yang katanya sedih banget mirip Miracle In Cell No 7. Film ini beberapa kali lewat di time line yang membuat aku jadi sangat penasaran. 

Film 2037 asal negeri ginseng Korea Selatan ini baru rilis pada bulan juni 2022. Korea Selatan memang jagonya bikin film yang mengobrak-abrik emosi para penonton. Sama dengan Miracle In Cell No 7 film 2037 sama-sama mengusung tema kehidupan di penjara. 2037 sendiri disutradarai oleh Mo Hong Jin.

Film ini yang diperankan oleh Hong Ye Ji sebagai pemeran utama sebagai karakter Yoon Young mengisahkan tentang seorang gadis berusia 19 tahun yang harus mendekam di penjara karena membunuh seorang pelaku kekerasan seksual terhadap dirinya untuk melindungi ibunya.

Dipenuhi aktris ternama Korea Selatan seperti Kim Ji Young, Kim Mi Hwa, Hong Ye Ji, Jeon So Min. Film ini berhasil membuat banyak penonton berlinang air mata.

Sinopsis film 2037

2037 menceritakan tentang seorang gadis normal bernama Yoon Young (Hong Ye Ji) yang merupakan seorang siswa sekolah menengah berusia 19 tahun. Young Young tinggal di kota kecil bersama ibunya Kyung Sook (Kim Ji Young) yang tuli dan tidak bisa berbicara. Ia terpaksa berhenti sekolah karena harus bekerja. 

Meski harus bekerja keras, kehidupan Young Young dan ibunya sangat bahagia. Mereka saling menyanyangi dan melindungi. Namun, suatu hari Yoon Young mengalami kejadian pahit.

Saat pulang dari bekerja di malam hari, ia mendapatkan kekerasan secara seksual dari tuan tempat ibunya bekerja. Pelaku mengatakan akan melakukan hal yang sama kepada ibunya, karena gelap mata ingin melindungi ibunya Yoon Young akhirnya membunuh pelaku hingga tewas.

Karena kejadian tersebut ia pun harus mendekam dan menjalani hukuman di penjara. Yoon Young tidak bisa membela diri karena tidak bisa membuktikan bahwa dirinya mengalami kekerasan seksual. Ia pasrah menerima putusan hakim. Ia juga harus merelakan cita-citanya yang ingin mendaftar di kantor pemerintahan. Ia harus meninggalkan ibunya seorang diri. 

Kehidupan Yoon Young berubah. Ia harus menjalani kehidupan di penjara yang keras dan menakutkan. Ia mendapatkan perlakuan kasar dari teman satu selnya saat pertama kali menginjakkan kakinya ke kamar tahanan. 

Untung masih ada orang baik di sel yang menolong dirinya. Teman satu selnya datang dari latar belakang yang berbeda-beda. Siapa sangka, temen satu sel Yoon Young ternyata sangat peduli padanya. Meskipun diluar sana mereka dicap sebagai seorang kriminal, mereka tetap punya nurani.  

Suatu hari dunia Yoon Young benar-benar runtuh, ketika harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa dia hamil anak dari pelaku kekerasan seksual yang sudah menghancurkan hidupnya. 

Itulah sedikit gambaran tentang film 2037 yang menggambarkan tentang kisah Yoon Young dan ibunya.

Review Film 2037

Film ini sangat related dengan kehidupan nyata. Bahkan isu yang diangkat pun adalah isu yang masih sangat marak terjadi. Dan selalu menjadi kekhwatiran banyak orang sehingga film ini terasa sangat dekat dan mampu memainkan emosi para penonton. Chemisty tiap pemain sangat kuat sehingga alur cerita yang disajikan bisa terasa feelnya. Peran Yoong Young  juga disini sangat terasa sekali depresinya

Hal yang menjadi perhatianku dalam film adalah mengenai kasus kekerasan seksualnya. Sangat miris sekali, lagi-lagi korban tidak bisa mendapatkan keadilan. Hukum tidak berpihak kepada korban lantaran korban tidak bisa membuktikannya. 

Padahal Yoon Young adalah korban kekerasan seksual tapi hukum hanya melihat Yoon Young sebagai pembunuh lantaran kurangnya bukti. 

Terkadang aku sendiri bingung bukti bagaimana yang diminta polisi agar bisa membuktikan diri sebagai korban, sedangkan korban sendiri hidupnya sudah hancur dan harus menanggung malu dan sangsi sosial. 

Film 2037 sangat mengandung bawang. Jadi sepanjang film hatiku merasa sangat pedih dan pilu membuatku menangis dari awal hingga akhir film. Rasanya ikutan nyesek juga. 

Aku suka film ini konfliknya sudah bagus, chemistry pemain sudah kuat. Namun, alurnya yang menurutku ada beberapa adegan yang sebenarnya nggak perlu dan yang perlu malah nggak ada. Juga minim backsound. 

Film ini banyak disandingkan dengan film Miracle In Cell No 7 yang digadang-gadang lebih sedih dari film tersebut. Tapi menurutku sendiri film ini tidak sebanding dengan Miracle In Cell No 7 yang benar-benar sedih sampai membuatku nangis hingga sesenggukan. Film 2037 ini sedihnya masih kurang nendang. 

Meskipun film ini membuatku banjir air mata endingnya tidak membuat rasa sesak yang mendalam. Open ending yang disajikan film ini membuat para penonton bertanya-tanya meski menurutku endingnya sudah sangat jelas. 

Endingnya sudah cukup bijak antara Yoon Young dan Ibunya. 

Summary 

Sebagai penikmat film angst, film 2037 cukup memuaskan dan aku sangat merekomendasikan film ini untuk pecinta film bawang. 

Buat yang suka menyakiti diri dengan nonton film sedih hingga nangis-nangis film ini sangat bagus dan cocok untuk ditonton

Aku sudah beberapa kali menonton film yang mengangkat tentang tema kekerasan seksual. Dan tema-tema seperti ini selalu bisa mengaduk emosi dan berhasil bikin mata sembeb dan bengkak. 

Nah, itulah review film 2037 yang sedang viral. Siapa yang sudah nonton flm ini? yuk share di kolom komentar.

Terima kasih sudah bekunjung dan membaca. 

See you^.^ 


Related Posts

1 komentar

  1. Kudet banget saya, gak tau film ini viral. Berkat artikelnya saya jadi tau. Syukron mbak :')

    BalasHapus

Posting Komentar