https://www.husnaroina.my.id/

Suka Belajar Tentang Apa yang Belum Di Ketahui

Posting Komentar
Suka Belajar Hal Baru

Jika di tanya apa kelebihanmu? Aku selalu bingung untuk menjawabnya. Hingga saat tema menulis blog ini ditentukan, aku masih bingung untuk menuliskan apa. Masih memikirkan apa kelebihan yang menonjol pada diriku. Hal apa saja dan membuatku unggul dari orang lain. Aku berusaha mencari tahu dengan membaca tulisan orang lain. Hingga aku sadar bahwa aku suka mengeksplore dan mencari tahu. 

Menurutku orang terdekat akan selalu tahu kekurangan dan kelebihan kita. Aku mengirimkan pesan kepada sahabatku. Aku bertanya padanya apa kelebihanku. Dan dia berkata aku suka belajar tentang apa yang belum aku ketahui. Pertanyaan itu hanya untuk sekadar memvalidasi keyakinanku. 

Yang aku pelajari selama awal tahun 2022 ini.

Lightroom

Aku sudah cukup lama memakai aplikasi Lightroom. Aplikasi ini aku gunakan untuk mengedit foto-foto buku untuk konten Instagramku. Karena aku suka membaca, aku ingin membagikan hobbiku di Instagram dan menjadikannya akun Bookstagram. Agar terlihat aestetik dan menarik aku memakai aplikasi ini. Aku mencoba mengotak-atik untuk menemukan warna yang pas untuk fotoku. Jika dilihat feed Instagramku tidak senada. Preset yang aku gunakan berbeda-beda. Awal tahun ini aku memutuskan untuk aktif kembali dan mencoba untuk konsisten dengan konten yang sudah aku buat. Dan aku kembali mengotak-atik preset Lightroom agar terlihat lebih segar.

Ngeblog

Aku memutuskan untuk melatih kemampuan menulisku di blog, sebuah keberuntungan untuk aku di bisa bergabung dengan komunitas ISB Blogger ini. Aku merasa kemampuan menulisku masih sangat jauh. Aku merasa tulisanku masih kaku. Aku masih merasa takut-takut dalam menuliskan banyak hal. 

Dulu ketika ingin mengungkapkan perasaanku. Aku selalu menggunakan prosa  atau puisi dengan makna ambigu karena aku tidak ingin perasaanku diketahui orang lain. Aku masih tidak percaya diri dalam mengungkapkan banyak hal. Ketika berusaha menuliskan perasaanku secara gamblang aku bingung memulainya dari mana. 

Untuk melatih kemampuan menulisku, aku memutuskan untuk mengikuti program ODOP ISB yang diadakan komunitas ISB ini. Agar aku bisa konsisten dalam menulis. Aku ingin bisa menulis dengan berstory telling yang enak untuk dibaca. Aku ingin belajar menulis dan belajar berinteraksi dengan pembaca blogku juga. Dan aku juga ingin lebih berani dalam menceritakan tentang diriku. Aku benar-benar seorang pemula dalam dunia perblogan ini. 

Berstory Telling untuk anak-anak

Dari dulu aku ingin sekali mencoba berstory telling atau mendongeng untuk anak-anak. Aku mempunyai keinginan agar anak-anak suka membaca. Kebiasaan membaca dari kecil ini akan membentuk kebiasaan hingga mereka dewasa. Ini berdasarkan pengalaman pribadi. 

Sebuah perpustakaan kota yang dikelola oleh komunitas membuka pendaftaran voluenteer. Dengan keinginan yang berkobar dihati aku memutuskan untuk mendaftar. Bisa dibilang membuka taman baca untuk anak-anak adalah salah satu impianku. Lewat perpustakaan ini, aku ingin belajar dan mengaplikasikan ilmu yang aku dapat di bangku kuliah.

Sebelum melakukan program kerja, aku mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Disini aku diajarin untuk membacakan sebuah buku cerita bergambar. Bukunya besar dalam Bahasa Inggris. Ternyata mendongeng untuk anak-anak itu tidak gampang. Kita harus ceria dalam berinteraksi dengan ana-anak, kita juga harus sering interaktif, sering-sering bertanya tentang tanggapan mereka, ekspresif, dan yang menurutku agak sulit memilih kata yang tepat agar anak-anak memahami jalan ceritanya. Menjelaskan kata-kata baru agar dimengerti oleh anak-anak. Aku merasa senang mengikuti pelatihan, itu semua hal yang baru untukku. Mempelajari sesuatu yang baru yang belum diketahui itu sangat menyenangkan.


Related Posts

Posting Komentar