https://www.husnaroina.my.id/

Hobby Membentuk Sebuah Kebiasaan

Posting Komentar
Hobby Membentuk Sebuah Kebiasaan
foto by instagram @husna_roina

Hobby membentuk sebuah kebiasaan. Sewaktu kecil ibu sering memberikan saya buku bobo. Setelah saya bisa membaca dengan lancar. saya sangat senang sekali. Saya banyak menghabiskan masa kecil saya membaca buku bobo dan bermain. Di saat saya tidak punya teman bermain. Saya akan mengisi waktu dengan membaca. Ada kesenangan tersendiri ketika saya membaca buku bobo. saya banyak menemukan hal baru dan saya menyukainya.

Bukan hanya buku bobo saja tapi cerita anak-anak lainnya sering di belikan oleh ayah saya. Ayah pernah membelikan saya buku cerita Islami. Salah satunya Abu Nawas. Buku itu pun saya baca berulang-ulang. Ayah juga suka membacakan cerita 25 Nabi. Saya sangat suka mendengar cerita ayah saya. Setiap ada waktu luang saya akan meminta ayah saya membacakan cerita lagi.

Saya juga suka membaca komik. Saat kecil saya tidak mampu membeli komik. karena harganya yang cukup mahal. Karena dulu keuangan kami sangat susah. Saya juga tidak tega meminta kepada ayah dan ibu untuk membelikan saya komik. Alternatif lainnya, saya meminjam kepada teman-teman. Baiknya teman saya pun mau meminjamkan komiknya kepada saya. Bahkan saya juga diberikan komik-komik yang sudah tidak dia baca lagi. Rasanya senang sekali walaupun hanya sekadar komik bekas. 

Ketika saya tidak mempunyai bahan bacaan lagi. Saya akan membaca ulang buku-buku yang saya punya. Meskipun ceritanya sudah sangat dihapal saya tetap membacanya. Buku bobo tetap menjadi favorite saya. karena dulu buku bobo sangat disukai anak-anak pada saat saya kecil. Banyak informasi menarik dalam buku bobo dan disajikan dengan banyak visual dan aneka warna dalam berbagai rubrik. Saya punya rubrik favorite yaitu, puisi, cerpen, cerbung, dan cergam. Memasuki masa SMP – SMA saya mulai meminjam buku-buku di perpustakaan sekolah. 

Saya suka meminjam buku ke perpustakaan sekolah. Saya mulai membaca dongeng-dongeng daerah di setiap Provinsi di Indonesia. bacaan saya mulai meluas. Saya jadi menyukai pelajaran Bahasa Indonesia. Saya mendapatkan nilai yang bagus di setiap mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Setiap orang punya hobby masing-masing. Ada yang suka menonton film, olahraga, rebahan, membaca buku, memasak, dan lain sebagainya. Bagi saya membaca buku itu sudah menjadi hobby yang sangat menyenangkan. Sebuah kebiasaan yang terbentuk sedari kecil. Dan kebiasaan tidak akan bisa dihilangkan meskipun kita punya kegiatan yang sangat sibuk sekalipun. 

Saat saya awal mulai bekerja saya tidak pernah pernah membaca buku lagi. Saya mulai sibuk dengan dunia yang baru. Lingkungan baru, suasana baru, hingga saya tidak pernah menyentuh satu pun buku lagi. Saat seorang teman merekomendasikan dan meminjamkan saya satu buku. saya tertarik untuk membacanya. 

Saya mulai membeli buku karena saya sudah bekerja rasanya menyenangkan membeli buku dengan uang sendiri. Saya tidak akan merasa bersalah lagi kepada orang tua saya karena minta dibeliin buku. Sebuah kebiasaan yang dibentuk dari kecil tidak akan pernah bisa lepas. Kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa. 

Pentingnya menanamkan kebiasaan baik pada anak dilakukan saat mereka masih kecil. Kebiasaan ini akan membentuk hobbi dan menjadi sebuah kebutuhan di masa yang akan datang. Terima kash untuk ayah dan ibu yang sudah mengajarkan saya membaca dan menulis juga mendongengkan banyak cerita saat masih kecil. Saya pun akan mencoba melakukan hal yang sama kelak ketika saya punya anak. Nilai-nilai yang baik akan sangat baik ditanamkan sedari dini karena hal itu akan membentuk karakter anak saat dia dewasa kelak.


Related Posts

Posting Komentar