https://www.husnaroina.my.id/

Makna Lagu BTS “Yet To Come” bagi ARMY

5 komentar

makna lagu BTS "Yet To Come" bagi Army

Makna Lagu BTS “Yet To Come” bagi ARMY. Tiga tahun perjalananku mengikuti BTS sebagai ARMY. Awal mengenal BTS ketidaksengajaanku mendengar cover lagu “Still With You” yang dinyayikan oleh salah satu You Tuber Indonesia. Karena makna lagunya yang sangat menyentuh membuat aku penasaran siapa penyanyi aslinya. Rasa penasaranku mengantarkan aku mengenal Jungkook BTS salah satu member maknae line BTS. Dan berakhir membuat aku mencari tahu boygrup idol asal korea selatan tersebut.

Nama BTS sudah tidak asing lagi. Lagu-lagunya pun banyak diputar dimana-mana. Siapa yang tidak tahu dengan BTS? Bahkan anak kecil pun tahu siapa BTS. Aku mulai mendengarkan lagu-lagu mereka, menonton konten-konten mereka, dan mencoba mengenal personality mereka. Aku penasaran kenapa banyak orang yang menyukai mereka. Seperti apa lagu-lagu mereka yang bisa menyentuh banyak orang di dunia dari berbagai lapisan masyarakat.

Aku suka musik korea tapi tidak pernah mendedikasikan diri sebagai fans manapun dari penyayi-penyanyi asal korea. Musik-musik yang aku dengarpun hanya dari soundtrack drama-drama korea yang aku tonton. Aku tidak pernah bersinggungan dengan musik kpopnya ataupun mencari tahu tentang dunia perkpopan. Hingga mengenal BTS membuat diriku mendeklarasikan diri sebagai ARMY.

Untuk pertama kalinya aku menyukai idol boygrup, bisa dibilang BTS adalah cinta pertamaku dan mungkin akan jadi cinta terakhir. Karena aku tidak ada keinginan untuk menoleh kepada grup idol lainnya. BTS terdiri dari 7 orang laki-laki dengan member beranggotkan RM, Suga, J-hope mengisi line bagian rap dan Jimin, V, Jin, dan Jungkook mengisi line bagian vokal.

Warna suara mereka sangat unik di kupingku. Satu dengan lainnya punya ciri khas yang berbeda-beda. Sehingga sangat mudah dikenalin tanpa melihat siapa yang sedang bernyanyi. Lirik-lirik lagu mereka yang menyentuh membuat aku merasa dekat dengan BTS. Mereka mengubah pengalaman-pengalaman hidup mereka menjadi lirik lagu. Isinya pun tidak hanya sekadar tentang percintaan, banyak sekali isu yang diangkat dalam setiap lagu mereka. Membuat kami ARMY menjadi kenal personality mereka lewat lirik-lirik lagu yang dinyanyikan.

BTS baru merilis album terbaru mereka berjudul “PROOF” pada tanggal 10 juni 2022 dengan lagu utama Yet To Come. Senang sekali rasanya, penantian come back mereka pun selalu ditunggu-tunggu oleh ARMY. Apakah BTS Cuma mengeluarkan satu title track. Oh tentu saja tidak, BTS itu sangat peduli sama Fansnya. mereka juga memberikan 2 lagu baru sebagai b-side track di album Proof.

Album Proof dirilis dalam bentuk antalogi. Selain itu dalam album BTS ini juga berisi lagu-lagu lama dari album sebelumnya dengan tambahan 3 lagu baru yaitu, Yet To Come, Run BTS, dan For Youth. Di album ini BTS mengajak ARMY untuk menelusuri perkembangan musik mereka dari awal debut di tahun 2013 hingga BTS mengakhiri chapter pertama dari perjalanan musiknya.


Makna Lagu BTS “Yet To Come” Bagi Army

Come back kali ini penuh dengan perasaan emosional. Banyak orang berekspektasi tinggi dengan comebacknya BTS kali ini. Lagu yang dirilis selalu menduduki chart tertinggi. Harapan yang mungkin lagu kali ini akan sama seperti lagu-lagu sebelumnya. Yang menghantarkan mereka menduduki top puncak global. Menjadi satu-satunya penyanyi asia yang di nominasikan dalam ajang penghargaan Grammy Awards.

BTS selalu menulis lirik lagu dengan makna yang mendalam terlebih untuk ARMY. Di lagu Yet To Come ini juga BTS memberikan kejutan yang istimewanya. Dengan mengajak kami para ARMY bernostalgia dengan memasukkan referensi dari video musik mereka sebelumnya.

Mungkin banyak sebagian orang beranggapan kalo MV BTS kali ini sangat sederhana dengan properti yang tidak banyak seperti di video-video lagu sebelumnya. Tapi properti-properti itu mempunyai arti yang mendalam bagi BTS dan ARMY.

Kami diajak seakan membuka album lama dari kilas perjalanan. BTS dan Army berjalan bersama selama 9 tahun. Bertumbuh bersama dan bergandengan tangan layaknya seorang sahabat baik.

Member BTS menilai perjalanan yang mereka lalui merupakan perjalanan yang indah, tapi mereka merasa bahwa ini belum usaha terbaik dari mereka. BTS berjanji untuk akan kembali dengan sesuatu hal yang baik.

Mereka akan tetap berusha melanjutkan perjalanan meraih mimpi dan harapan, meski sudah banyak orang yang mengapresiasi mereka dengan baik. Dan mereka meminta kami ARMY tetap mendukung mereka.

Makna lirik lagu Yet To Come – The Most Beatiful Moment dalam Bahasa Indonesia

[Verse 1]

Apakah itu jujur yang terbaik?
Karena aku ingin melihat yang berikutnya
Dengan rajin melewatinya
Masa lalu kita begitu indah
Masa lalu sejujurnya adalah yang terbaik
Tapi yang terbaik adalah yang datang selanjutnya
Aku tak main-main, pasti tidak
Menuju hari sampai aku kehabisan napas
Kau dan aku, momen terbaik yang belum datang
Momen terbaik belum datang

[Pra-Chorus]

Tak yakin sejak kapan tapi, mereka bilang kita yang terbaik
Penuh dengan nama asing ini, sekarang hanya terasa berat
Kita hanya mencintai musik, kita hanya berjalan maju
Berjanjilah bahwa kita akan terus datang
Kembali untuk berkumpul lebih banyak lagi

[chorus]

Di suatu tempat jauh di lubuk hatimu
Masih hidup seorang anak laki-laki
Momen ku belum tiba
Belum tiba
(Kau punya mimpi? apa yang ada di ujung jalan itu?)
Momen yang belum tiba
(Di kesunyian malam, kita tak akan berhenti bergerak)
Belum tiba
(Kita akan menyentuh langit, sebelum kita mati)
Momen yang belum tiba
(Ini baru permulaan, yang terbaik belum datang)

[Verse2]

Gelar tidak nyaman yang kita berikan suatu hari
Kita masih malu dipanggil yang terbaik
Kau tahu, aku, aku suka musik
Tak banyak yang berubah dari saat itu
Jika tak banyak berubah, mungkin
Kau akan mengatakan itu semua bohong
Ada banyak perubahan tapi aku masih sama
Tidak ada perubahan
Bab yang baru, setiap momen adalah yang terbaik untukku
Seperti aku berusia tiga belas tahun lagi,
Ngerap seperti yang kulakukan saat itu

[Pra-Chorus]

Masih harus banyak belajar
Hidupku, harus banyak untuk dipenuhi
Kalau kau tanya kenapa
Hatiku lah yang mengatakan padamu
Kita bukan tentang itu, harapan dunia
Kita bukan tentang itu, langkah menjadi yang terbaik
Kita bukan tentang itu, mahkota dan bunga
Piala yang tak terhitung jumlahnya
Kita bukan tentang itu, Bermimpi dan berharap dan maju
(kita hanya tentang) kembali ke titik awal
Setelah membuat satu putaran panjang
Kembali ke Satu

[Chorus]

Di suatu tempat jauh di lubuk hatimu
Masih ada seorang anak laki-laki
Momen ku yang belum tiba, belum tiba
(kau punya mimpi? apa yang ada di ujung jalan itu?)
Momen yang belum tiba
(Di kesunyian malam, kita tak akan berhenti bergerak)
Belum tiba
(kita akan menyentuh langit, sebelum kita mati)
Momen yang belum tiba
Ini permulaan, yang terbaik belum datang
Jadi, apakah jujur itu yang terbaik?
Karena aku hanya ingin melihat yang berikutnya
Dengan silau melewatinya
Kenangan yang begitu indah

[Chorus]

Masa lalu sejujurnya adalah yang terbaik
Tapi yang terbaik adalah apa yang akan terjadi selanjutnya,
Kita bernyanyi sampai pagi
Menuju hari yang lebih seperti diri kita sendiri
Kau dan aku, momen terbaik yang belum tiba

Hal yang mengharukan terjadi semalam, tepat tanggal 14 Juni 2022 setelah merayakan Annyversary BTS yang ke 9th tanggal 13 juni 2022. BTS mengumumkan lewat acara Dinner Festa 2022 bahwa mereka akan melakukan solo project untuk waktu yang cukup lama. Dan fokus untuk mengembangkan diri masing-masing member. Mereka tidak akan come back untuk waktu sekitar 1-2 tahun kedepan.

Berita ini sangat mengejutkan kami para ARMY dengan keputusan mereka untuk melakukan project solo untuk sementera waktu. Hal yang patut diapresiasi dan menjadi momen yang sangat mengharukan. Member BTS mengatakan langsung secara live dengan ribuan ARMY yang sedang menonton acara itu. Kami seakan diajak mengobrol dalam sebuah makan malam yang awalnya penuh suka cita berakhir dengan tangisan.

Album ‘Proof’ kali ini menjadi hadiah BTS untuk ARMY sebagai akhir chapter pertama perjalanan musik mereka selama 9th. Dan memulai chapter kedua dengan mengembangkan bakat mereka dan melakukan apa pun yang mereka mau dengan project album solo tiap masing-masing member. Tapi bukan berarti BTS akan hiatus. Mereka akan kembali seperti untaian lirik lagu Yet to Come.

Dalam Lagu Yet To Come, BTS memberikan pesan mendalam dalam tiap lirik lagu itu untuk ARMY. Jadi lagu-lagu dalam album ini menjadi special untuk BTS juga untuk ARMY.

Dalam perjalanannya selama 9th BTS sudah banyak meraih penghargaan bersama dengan ARMY yang selalu mendampingi mereka. Hingga terbentuklah fandom yang sangat besar di seluruh dunia.

Prestasi Yang Sudah Diraih BTS

Sebagai fandom yang besar ARMY banyak mengatarkan BTS meraih berbagai prestasi dibanyak ajang penghargaan di kancah global.

Berikut prestasi Internasional yang pernah di catat:

  1. Grammy Awards
  2. American Music Awards
  3. Billbords Music Awards
  4. IFPI Awards
  5. MTV Europe Music Awards
  6. Mama Awards
  7. MTV Video Music Awards
  8. Niklelodeon Kids’ Choice Awards
  9. BTS masuk dalam Guiness World Records 2022 Hall of Fame
Itulah tulisanku tentang Makna Lagu BTS “Yet To Come” bagi Army. Di album Proof juga BTS menulis lagu lainnya yang mereka persembahkan terkhusus untuk ARMY berjudul For Youth. Aku sebagai ARMY merasa sangat senang. Bahwa keberadaan kami selalu dihargai dan diprioritaskan. Meski kedepan mereka akan fokus mengembangkan diri melakukan project solo. Aku akan setia mendukung mereka selalu. I love them so much.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan bucinku ini. Kalau ingin membaca tulisanku yang lain bisa kunjungi blogku ya!


Related Posts

5 komentar

  1. Wah ada banyak army hari ini, katanya mau rehat dulu ya nggak sabar comebacknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Mereka bakal solo project dulu gk akan cb grup dlm waktu dekat lg😢

      Hapus
  2. Walau tidak terlalu mengikuti perkembang kpop tapi pernah baca di artikel kalau lagu ini persembahan khusus buat para army. Keren banget ya, keberadaan Army dihargai dan diprioritaskan lewat lagu

    BalasHapus
  3. 😭😭 terharu, gomawo na.

    BalasHapus
  4. Wiiiiiiih, kereeen mba Husna, bisa sampe sefaham gini ya menelaah makna lagunya. Aku malah sama sekali gak faham istilah-istilah korea.. hee

    BalasHapus

Posting Komentar