https://www.husnaroina.my.id/

Apa sih manfaat SEO on Page bagi blogger pemula?

3 komentar
Manfaat SEO On Page bagi blogger pemula


Hai sahabat Rui.. Selamat datang kembali. 

Apa kabarnya? 

Manfaat SEO On Page. Awal nulis blog itu aku mikir nulis ya cuma sekadar nulis. Sudah nulis langsung publish dan artikel kita sudah muncul di Google dan bisa dibaca oleh banyak orang. Pemikiran yang sangat sederhana dan simple bukan. Tapi kenyataannya setelah terjun ke dunia blogger dan mempelajari materinya. Tidak semudah nulis dan langsung publih gitu aja.

Ada banyak banget yang harus diperhatikan agar tulisan kita bisa muncul di halaman Google. Boro-boro mau masuk halaman pertama terindeks aja belum. Blognya aja belum ditemukan gimana tulisannya mau muncul coba. Wkwkwk

Panik nggak? Panik nggak? Masak nggak? Udah capek-capek nulis tapi nggak ada yang baca. Sedihnya. Nulis blog berharapnya ada yang baca tulisan kita dong. Niat kita kan bagiin tulisan biar ada yang baca. Apalagi kalau ada yang coment pasti senang banget kan. 

Nah, gimana sih supaya tulisan kita bisa muncul di halaman pertama Google?

Aku sangat bersyukur bisa gabung di kelas Blogspedia yang diajar sama Coach Marita Ningtyas. Aku yang pemula dan buta ini soal blog benaran diajarin dari dasar loh. Termasuk gimana caranya biar tulisan kita bisa muncul di halaman pertama.

Ada yang tahu SEO nggak? Nah, Seo ini yang akan membuat tulisan kita nangkring di pencarian Google.

Apa sih SEO itu? yuk cari tahu! 

Apa Itu SEO?

Pengertian SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazation. SEO merupakan cara untuk mendapatkan trafik jangka panjang agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian. Untuk muncul pada halaman mesin pencari harus menggunakan kata kunci agar tulisan bisa ditemukan. 

Nah, dengan mempelajari SEO, tulisan kita bisa muncul deh di halaman google. Blog kita juga terindentifikasi oleh mesin pencari. Dan pengunjung jadi berdatangan dan blog kita nggak jadi sarang laba-laba lagi. hehe.


Teknik SEO On Page bagi blogger pemula


Teknik SEO

SEO juga punya beberapa teknik loh, ada apa aja sih teknik SEO itu?

  • White SEO. Dikenal dengan SEO yang murni tidak dengan cara menipu algoritma. Cara ini merupakan cara yang baik agar blog kita tetap bersih dan bertahan lama dan lebih disukai oleh mesin pencari.
  • Black SEO. Ini cara cepat untuk menaikan blog kita tapi cara ini juga nggak bisa membuat blog kita bertahan lama di mesin pencari. Jadi SEO ini nggak bisa diterapkan untuk jangka panjang. Bisa dibilang cara ini nggak baik kalau ketahuan mesin pencari bisa di kick dan blog kita juga akan susah muncul kembali di halaman google.
  • Grey SEO. Teknik ini perpaduan antara kedua SEO, yaitu White and Black. Cara ini juga cukup berbahaya digunakan oleh blogger pemula.

Nah, untuk blogger pemula sebaiknya menggunakan cara yang aman dan bersih aja. Sayang dong udah buat tulisan capek-capek malah hilang. 

Baca Juga: 5 Alasan Ngeblog

Jenis SEO On Page bagi blogger pemula


Jenis SEO

SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. SEO On Page

SEO On Page adalah cara untuk mengoptimalkan konten blog kita pada halaman website agar dapat masuk peringkat teratas Google dan mudah dicari oleh pengunjung. Ini meliputi: kualitas konten, struktur konten, kecepatan halaman, keyword serta internal link. 

Tapi itu saja tidak cukup, kita juga perlu belajar mengulik Google Search Consule dan Google Analytic. Dengan mengoptimalkan segala teori yang kita pelajarin. Saatnya melihat seberapa kuatkah blog kita mampu bersaing muncul di halaman Google. 

2. SEO Off Page

Cara ini adalah untuk memperkuat elemen SEO di luar blog yang kita kelola. Dengan cara mengshare tulisan di blog kita melalui media sosial yang kita punya. Cara ini akan meningkatkan Link Building ke blog kita. 

Tujuan SEO Off-page yaitu meningkatkan otoritas website dan juga menaikkan rangkingnya di hasil pencarian Google. Selain itu, kita juga bisa membranding diri di sosial media dan lebih dikenal sebagai blogger. 

Kalau ada lebih banyak orang tahu tidak menutup kemungkinan kita bisa dapat job bukan. Hehe..

Aku berharapnya sih begitu. 

Manfaat SEO On Page 

Ternyata nulis blog itu nggak lepas dari SEO. Dua hal ini berkaitan erat agar tulisan kita bisa dinilai berkualitas dan disukai oleh mesin pencari. Menulis dengan menggunakan kaidah SEO yang baik dan benar akan mempercepat kemajuan blog kita loh.

Manfaat SEO On Page ada banyak. Termasuk mempermudah pengunjung menemukan blog kita di mesin pencari. Nah, untuk mengetahui manfaat lebih lengkap. Yuk simak ulasan di bawah ini:

1. Membawa Blog Naik Ke Peringkat Satu Google di Mesin Pencari

Siapa sih yang nggak mau kalau tulisan kita nangkring diperingkat teratas halaman pertama mesin pencari?. Biasanya untuk yang males scroll ke bawah kayak aku nih. Akan lebih memilih artikel di halaman pertama dong.  Nah inilah alasannya, penggunaan SEO pada tulisan di blog akan membuat tulisan kita mudah ditemukan oleh pengunjung.

Keberadaan blog kita di halaman pertama Google menandakan bahwa tulisan kita berkualiatas dan layak menjadi referensi. Kalau tulisan kita sudah memenuhi kebutuhan pengunjung ya udah deh. Orang-orang bakal berlama-lama di blog kita. 

2. Menemukan Pembaca Lebih Tepat Sasaran

Penggunaan SEO ini gunanya untuk mengoptimasi dan mengarahkan pengunjung supaya lebih tepat sasaran. Dan blog kita akan mudah ditemukan berdasarkan kata kunci yang sudah kita gunakan dalam tulisan kita. 

Itulah pentingnya memasukan kata kunci yang tepat dalam setiap penulisan artikel. Agar pemetaannya juga tepat sasaran.

3.  Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas Blog

Optimasi SEO yang dilakukan dengan baik akan membangun kepercayaan dan kredibiltas blog milik kita. Sehingga pengunjung akan berkunjung lagi. Dengan tetap menyediakan konten-konten yang berkualitas dan dibutuhkan. Karena pengunjung sudah percaya. Bukan tidak mungkin kita akan memiliki pengunjung tetap yang selalu membaca tulisan-tulisan kita.

4. Menambah Pendapatan

Apa sih yang kita harapkan dari membuat blog ini? salah satunya agar mendapat job dan memiliki pendapatan, ya nggak?. Mendapatkan hasil dari tulisan yang kita tulis dengan sepenuh hati akan sangat menyenangkan. Dengan menggunakan SEO On Page ini klien akan berdatangan entah memasang iklan atau job tulisan. 

5. Tampilan Blog Lebih Menarik

Dengan menggunakan Optimasi SEO cara penulisan artikel di blog akan lebih rapi dan terstruktur. Tampilan akan terlihat lebih menarik dan enak dilihat. Jika tampilan blog enak di pandangan, hal ini akan membuat pengunjung lebih nyaman. 

Baca Juga: Makna Lagu BTS "Yet To Come" Bagi ARMY

Cara optimasi SEO On Page bagi blogger pemula


Tips Cara Optimasi SEO On Page

Sudah tahukan manfaat SEO on Page di Google. Ini bisa memicu semangat kita untuk memberikan konten yang berkualitas. Nah, terus caraya gimana? 

Sebagai pemula yang masih belajar, ada beberapa tips yang bisa aku rangkum dan bagikan untuk mengoptimalkan artikel di blog kita.

1. Judul

Judul merupakan elemen paling penting dalam mengoptimalkan SEO On Page. Ialah caranya dengan meriset kata kunci dan meletakkannya di judul. Judul juga berguna untuk menarik pengunjung agar mampir ke blog kita.

Penulisan judul sebaiknya nggak terlalu panjang, usahakan nggak melebih 55 karekater. Untuk penulisan bisa menggunakan kata kunci + pemanis atau sebaliknya. 

2. Permalink

Gunakan permalink tertarget kata kunci agar artikel lebih tepat sasaran. Sebaiknya nggak melebihi 75 karakter agar nggak terlalu panjang. 

3. Deskripsi

Dalam penulisan deskripsi sebaiknya nggak melebihi 150 karakter dan masukkan kata kunci tertarget agar terindeks di Google. 

4. Paragraf Pertama

Salah satu penyebaran kata kunci agar dapat mengoptimalkan SEO ialah dengan memasukkan kata kunci dalam paragraf pertama artikel yang ditulis.  

5. Stop Penulisan Kata Kunci Jadul

Nggak perlu menebalkan, memiringkan, atau menggaris bawahi kata kunci. Google bisa mengindeks sendiri tanpa kita kasih tahu kata kunci apa yang dipakai.

6. Paragraf Akhir

Selain di paragraf pertama, kata kunci juga harus diletakkan di paragraf akhir sebagai bentuk penegasan dalam mengoptimalkan SEO.

7. Jumlah Kata Pada Artikel

Nggak ada jumlah yang pasti dalam kaidah penulisan artikel. Bisa 500kata, 800kata, atau 1000 kata. Nggak masalah menulis artikel panjang. Syarat yang harus diingat Google suka artikel yang berkualiatas dan mampu memberi solusi bagi pengunjung. 

8. Optimasi Paragraf

Sekarang orang lebih banyak menggunakan Smartphone untuk berselancar di Internet. Kepraktisan yang mudah digunakan dan mudah dibawah kemana-mana kapan saja selalu menjadi kebutuhan. 

Sekarang orang lebih banyak membaca artikel menggunakan HP. Jadi, agar tulisannya lebih friendly dan nggak bikin lelah sebaiknya memberi batasan tiap paragraf. Usahakan paragraf tidak terlalu panjang. Cukup 2-3 kalimat.

9. Heading 

Untuk memudahkan membaca artikel, buatlah struktur konten yang mudah dipahami. Salah satunya dengan memanfaatkan heading yang tepat. Gunakan secara berurutan dimulai dari heading 2 dalam penulisan artikel.

Setelahnya jika ada pembahasan lagi menggunakan heading 3 dan seterusnya. Untuk judul selalu menggunakan heading 1. Nah, biasanya kalau udah gunain template yang Seo Friendly, judul ini akan menyesuaikan template. 

Dan jangan lupa letakkan kata kunci di salah satu heading 2 sebagai sarana penyebaran kata kunci agar artikel kita bisa dinilai sudah memenuhi kaidah SEO On Page. 

10. Optimasi Gambar

Agar SEO lebih optimal, optimasi gambar juga harus menggunakan kata kunci tertarget agar lebih mudah ditemukan. 

11. Link Pada Artikel

Memaksimalkan link pada konten artikel kita. Kalau kita meletakkan satu link eksternal maka untuk mengimbanginya kita harus meletakkan tiga link internal yang mengarah ke blog kita. 

12. Gunakan LSI (Latent Semantic Index) Keyword

Ialah kata kunci turunan yang dianggap relevan dengan keyword utama. Bisa juga kata kunci yang masih mirip dengan kata kunci utama di mesin pencari. 

13. Share di Media Sosial

Dengan menyebarkan link artikel di media sosial akan membantu menjangkau pengunjung lebih banyak sebagai bentuk link building.

14. Lakukan Inspect URL 

Syaratnya harus pasang Google Search Consule dulu. 

Nah, ituah manfaat SEO On Page. Ingat ya sahabat Rui, nggak ada yang instan dalam SEO. Semua butuh waktu dan proses. Jadi, kita harus bersabar dan mencoba terus. Agar artikel kita bisa muncul di halaman pertama. 

Yuk sama-sama terus berusaha dan selalu konsisten dalam menerapkan tips SEO On Page diatas ^.^

Terima kasih sudah membaca tulisanku. Silahkan berkunjungke blogku untuk membaca tulisan lainnya. 

Related Posts

3 komentar

  1. Alhamdulillah makasih mba sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Masyallah lengkap banget mbak, bermanfaat banget nih buat jadi jujukan referensi

    BalasHapus
  3. Pas baca menambah pendapatan itu berasa ada angin sejuk yang lewat hehe. Makasih infonya Mba.

    BalasHapus

Posting Komentar