https://www.husnaroina.my.id/

Cari Tahu yuk, Cara Menerbitkan Novel Dari Wattpad

1 komentar
Cara menerbitkan cerita wattpad menjadi buku

Gimana sih cara menerbitkan novel dari wattpad? Sudah pada tahukan novel yang ditulis di aplikasi wattpad lagi booming banget nih dijadikan buku. Terus banyak juga yang diangkat jadi series bahkan ada juga yang diangkat ke layar lebar. Nah, buat sahabat Rui yang suka banget menulis cerita fiksi. Bisa mencoba untuk menyalurkan hobi menulisnya dengan mengunggah ceritanya di aplikasi wattpad ini. 

Tahu film Dear Nathan atau The Lecture My Husband? Pasti pada tahu dong. Film ini sempat ramai di perbincangkan. Dan yang nonton juga banyak banget. Film-film ini diangkat dari novel yang ditulis di platform Wattpad. Sudah banyak penulis yang bukunya terbit dan di filmkan juga.

Buat yang suka menulis, menerbitkan sebuah buku adalah hal yang sangat diidamkan. Apalagi buku solo sendiri bukan antalogi yang dalam satu buku ada banyak penulis. Menerbitkan buku juga salah satu mimpiku dari semasa SMA. Walaupun sampai sekarang belum kesampaian. 

Sebelum menulis di wattpad. Yuk, kita cari tahu dulu apa itu wattpad?

Apa Itu Wattpad?

Menurut Wikipedia wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi telpon pintar asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen. 

Aplikasi ini berfungsi untuk membaca maupun menulis cerita. Di wattpad tersedia jutaan cerita dengan berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia yang terdiri dari berbagai genre.

Wattpad juga menyediakan fitur-fitur keren untuk pembaca seperti vote (untuk memvote cerita yang disukai), comment (untuk mengomentari cerita), share (untuk berbagi), Library (untuk menyimpan cerita agar bisa dibaca offline), follow (untuk mengikuti penulis yang disukai), dan masih banyak fitur lainnya. Fitur ini bisa dinikmati oleh pembaca.

Gimana nih dengang menjadi penulis?

Di wattpad kita bisa menulis per-part jadi kita nggak harus menyelesaikan ceritanya sampai tamat baru bisa di publish. Jadi, sistem di wattpad adalah update. Kita harus update cerita kita chapter demi chapter sesuai kemauan sahabat Rui. 

Semua fitur-fitur itu bisa dinikmati oleh pembaca dan penulis secara gratis. Dengan memanfaatkan fitur ini juga penulis bisa mengetahui pembaca suka atau tidak dengan karya yang sudah ditulisnya.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Self Love

Cara Membuat Novel di Wattpad 

Sebelum membuat cerita novel di wattpad harus punya akun wattpad dulu dong. Gimana ceritanya, mau publish cerita tapi nggak punya akun. Aplikasi wattpad bisa di akses melalui dua media, website dan aplikasi. Yuk, cari tahu caranya. 

Cara membuat akun wattpad:

  1. Kunjungi www.wattpad.com atau bisa download aplikasinya di playstore untuk pengguna smartphone
  2. Buka aplikasinya > isi data yang dibutuhkan > lalu klik daftar
  3. Pilih gender
  4. Atau sahabat Rui juga bisa memakai pilihan daftar melalui akun facebook atau akun google. 

Tips Menulis di Wattpad Untuk Pemula

Tips menulis untuk pemula


1. Perhatikan Panjang Tulisan Yang Dibuat

Nah, untuk memulai menulis dalam satu chapter minimal terdiri dari 800-1000 kata. kalau bisa jangan kurang dari itu. Karena akan memengaruhi minat pembaca. 

Bisa aja sih menulis lebih dari 1.000 kata. Nggak jarang malah ada pembaca yang lebih suka tulisan panjang. Tapi diimbangi alur dan karakter tokoh yang kuat dan juga konflik yang matang agar setiap chapter selalu ada kejutan. Usahakan menulis nggak kurang dari 800 kata karena akan terasa terlalu pendek. Kurang menarik.

2. Perhatikan Tata Bahasa Dengan Baik

Tips menulis di wattpad berikutnya adalah perhatikan tata bahasa. Sudah banyak banget yang mempublish karyanya di platform wattpad tapi tidak sedikit yang menulis asal-asalan. Tidak memenuhi KBBI dan PUEBI. 

Untuk menarik para pembaca yang banyak, tulisan yang baik sesuai dengan kaidah bahasa akan lebih disukai. Kalau penempatan titik koma saja salah gimana pembaca mau betah berlama-lama membaca cerita. Yang ada malah kabur cari cerita lain. 

3. Buat Pembaca Penasaran di Tiap Akhir Bab

Membuat pembaca terus penasaran dengan cerita yang sahabat Rui tulis adalah satu keharusan. jika ingin membuat pembaca tetap tinggal dan menantikan cerita selanjutnya. cobalah membuat penutup yang menggantung di akhir chapter, cara itu akan menumbuhkan rasa penasaran.

Apalagi jika bisa membuat perasaan pembaca ikut emosional dengan jalan cerita yang kita sajikan. Di jamin cerita sahabat Rui akan di nanti-nanti updatenya. Tidak jarang jika sudah memiliki pembaca setia, mereka akan menanyai sang penulis kapan update tulisan lagi.

4. Konsisten Adalah Kunci

Dalam melakukan pekerjaan apapun, konsisten adalah suatu kunci keberhasilan yang harus dipegang teguh. Jadi, sebagai seorang penulis kita harus konsisten dengan apa yang sudah dimulai. Sebagai bentuk tanggung jawab kepada para pembaca. 

Usahakan untuk mengunggah cerita secara berkala, paling tidak seminggu satu kali. Usahakan juga di hari waktu yang sama. Pembaca akan menjadi hapal kapan waktu update dan menantikannya. Jangan terlalu lama juga, itu akan membuat pembaca jadi kabur karena nggak ada kepastian update. 

Sebaiknnya jika nggak bisa update kasih pengumuman di kolom percapakan. Pembaca jadi tahu kalau sahabat Rui tidak akan update karena suatu alasan penting. Berinteraksi dengan pembaca sangat baik untuk menjalin hubungan. Cara ini bisa membuat kita mempertahankan pembaca. Bisa jadi juga menemukan teman baru dari salah satu pembaca.

5.Ikutilah Kompetisi Wattpad Yang Ada

Ikutilah kompetesi atau event yang diadakan oleh platform wattpad. cara ini akan membuat cerita lebih banyak dikenal oleh banyak orang. Wattpad akan merekomendasikan cerita para pemenang yang mengikuti kompetisi di beranda pengguna akun Wattpad.

Jadinya, sahabat Rui nggak perlu capek promosi lagi.

Hal yang terpenting dalam menulis karya adalah orisinilitas. Jadi, pastikan karya-karya yang ditulis tidak mengandung plagiarisme. Jangan merusak kepercayaan pembaca yang membaca ceritamu dengan menulis karya milik orang lain. 

Baca Juga: Ulasan Novel Snow White

Cara Menerbitkan Novel Dari Wattpad

Setelah menulis di wattpad ada keinginan juga dong novelnya terbit menjadi buku dan dipajang di toko buku. Gimana sih caranya?

Sebelumnya sahabat Rui harus sudah membuat cerita yang menarik dulu dan pastikan sudah dibaca oleh banyak orang. Kenapa harus peduli untuk menarik minat pembaca? Sebab penerbit melirik cerita atau tulisan dari faktor pembaca atau viewers

Sahabat Rui juga bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada di wattpad untuk menarik banyak pembaca dan dilirik oleh penerbit. Seperti vote, coment, dan share agar pembaca lain banyak berkunjung dan membaca cerita yang sudah dipublish.

3 Cara Menerbitkan Novel Dari Wattpad Menjadi Buku


Cara menerbitkan buku


1. Menerbitkan Secara Mandiri Melalui Penerbit Indie berbayar

Jika cerita kita sudah banyak pembaca nih, pastinya banyak dong yang menantikan cerita dipublish. Nah, sahabat Rui bisa memanfaatkan keantusiasan pembaca ini untuk menerbitkan cerita novel yang ditulis menjadi buku. 

Umumkan kepada pembaca kalau cerita novel yang sedang ditulis mau dibuat jadi buku. Adakan PO kepada para pembaca yang ingin membeli buku dengan mengisi format dan dp pembayaran. Dp bisa digunakan untuk membantu biaya produksi di penerbit indie. Jangan lupa kasih bonus dan tanda tangan biar pembaca tertarik. 

Cara ini banyak dipakai oleh penulis-penulis wattpad. sahabat Rui, bisa mencobanya. Jangan publish keseluruhan cerita atau menghapus part-part konflik dan klimaks agar pembaca merasa penasaran.

Cara ini dapat mendatangkan cuan untuk penulis secara langsung

2. Menerbitkan Lewat Penerbit Mayor

Kita bisa mengirimkan naskah tulisan yang sudah di edit dari wattpad kepada penerbit mayor. Pastikan versi wattpad dan buku berbeda sehingga menimbulkan rasa penasaran kepada pembaca. 

Akan tetapi, persaingannya berat. Sangat sulit menembus penerbit mayor. Dan pastinya akan ada dua kemungkinan, diterima atau ditolak. Coba dikirimkan aja dulu. Kalau rezeki naskah novel kita bisa diterima. 

3. Dilirik Oleh Penerbit Sendiri Dengan Membuat Cerita Yang Menarik

Pastikan cerita novel yang diunggah menarik para pembaca. Nah, agar cerita menarik buatlah story line untuk memudahkan menentukan toko, alur, plot, latar, konflik, klimaks, dan penyelesaian. Tentukan genre cerita apa yang ingin ditulis dan tentukan premis yang jelas agar lebih terarah.

Lakukan riset untuk mendukung pengembangan cerita. Agar informasi yang disampaikan benar dan bisa memberi manfaat untuk pembaca. Buatlah cerita yang berkualitas dengan bahasa yang bagus sesuai dengan kaidah KBBI dan PUEBI. 

Buatlah cover menarik untuk mendukung dan mencerminkan isi cerita. Juga membuat sinopsis yang menarik untuk menggambarkan cerita novel. Biasanya pembaca akan mencari tahu dari sinopsis terlebih dahulu. 

Konsisten dalam mengupdate cerita. Bisa lakukan seminggu sekali atau seminggu 2 kali. Di hari dan waktu yang sama saat publish. Setelah memaksimalkan cerita dan memanfaatkan fitur-fitur di wattpad dengan baik. Tidak menutup kemungkinan bahwa tulisan kita dilirik langsung oleh penerbit. 

Jika penerbit tertarik akan dihubungi secara langsung. Sudah banyak penulis wattpad yang dipinang oleh penerbit. Bahkan diangkat ke layar lebar. Tetaplah menulis dan semangat dalam berkarya. 

Gimana sahabat Rui sudah pada tahukan cara menerbitkan novel dari wattpad. Jadi, semakin semangat dong nulisnya atau baru mau mencoba menulis. 

Nah, itulah tulisan singkatku tentang dunia orange biasanya wattpad disebut dunia orange oleh para penggunanya. Yuk, cobain yang ingin menyalurkan hobi menulisnya. Manfaatkan platform gratisan yang ada. Meski nggak nerbitin buku setidaknnya ada yang baca tulisan kita aja sudah senang banget. 

Terima kasih sudah membaca. Ingin membaca tulisanku lainnya, bisa kunjungi blogku ya. 

Have nice day. See you ^.^

Related Posts

1 komentar

  1. Pernah punya keinginan nulis di wattpad. Tapi suka g konsisten kalau dah buntu :(

    BalasHapus

Posting Komentar