https://www.husnaroina.my.id/

Cara Memasang Google Search Consule Di Blogspot

Posting Komentar
Cara memasang Google Search Consule di blogspot

Pada artikel sebelumnya aku membagikan cara memasang Google Analytics di blogspot. Di artikel kali ini aku akan mengulas gimana caranya agar blog kita semakin dikenal oleh Google. Pada tulisan kali ini akan membahas cara memasang Google Saerch Consule di blogspot.

Google Search Consule adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pemilik website untuk memonitor kinerja situs di ranah organik Google.

Dengan Google Search Consule, kita bisa melakukan analisis terhadap website kita.

Lalu apa sih sebenarnya Google Search Consule itu?

Apa Itu Google Search Consule?

Google Search Consule atau GSC dulunya dikenal dengan Google Webmaster Tools.

Dilansir dari Hubspot, Google Search Consule merupakan platform gratis bagi siapa pun yang memiliki website untuk mengoptimalkan kinerja website di mata Google. Dengan tools ini, kita bisa memasukkan situs agar terdeteksi oleh Google.

Tidak hanya itu Google Search Consule juga membantu memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs pada hasil penelusuran google.

Meskipun kita sudah memasang Google Analytics, tools ini juga wajib digunakan oleh para blogger untuk mengetahui lebih detail data blog kita. 

Manfaat Google Search Consule

1. Menemukan keyword populer

Google Search Consule membantu untuk menemukan keyword atau kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna. Tools ini akan memberikan informasi detail mengenai total munculnya blog kita di hasil pencarian untuk keyword yang dituju dan berapa kali blog kita diklik dari hasil pencarian tersebut.

Kita bisa tahu keyword mana yang bisa dioptimalkan untuk SEO blog kita.

2. Mengetahui dari mana datangnya pengunjung

Kita bisa mengetahui dari mana sumber datangnya pengunjung ke blog kita. Dengan begitu, kita bisa menentukan prospek yang tepat untuk menjangkau target audiens

3. Mengetahui halaman yang populer

Dengan tools ini kita bisa mengetahui halaman mana yang paling banyak dicari oleh pengunjung dari blog kita. Halaman mana yang sedang dibutuhkan oleh pengunjung sehingga kita bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan sesuai target.

Cara Memasang Google Sarch Consule di Blogspot

Google Search Consule bisa dihubungkan ke blog baik yang sudah berTop Level Domain maupun yang masih menggunakan domain bawakan blogspot. 

Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke laman Google Search Consule dengan menggunakan gmail yang sama dengan akun gmail saat membuat blog dan Google Analytics.

2. Akan muncul pop up seperti dibawah ini. Pilih untuk membuat properti. Ada pilihan Domain dan URL Prefix.

Properti GSC

Ketika kita memilih properti domain semua sub dibawahnya akan dicek. Baik menggunakan https atau tidak, menggunakan www atau tidak.

Untuk URL Prefix yang dicek datanya sesuai dengan URL Prefix yang didaftarkan saja. Misal kita mendaftar https://contoh.com maka yang akan dicek hanya https saja yang http tidak dicek datanya. Begitu juga dengan yang www.

Untuk verifikasi juga berbeda. Untuk properti domain harus masuk ke pengaturan DNS Management tempat kita membeli domain. 

Untuk URL Prefix ada banyak pilihan bisa melalui tag, Google Analytics, Google Tag Manager, filehtml dan juga DNS Management.

Sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu untuk memilih properti yang mana.

3. Disini saya memilih properti domain. Masukkan nama blog tanpa https ataupun www. Langsung ketikkan saja “contoh.com” lalu klik selanjutnya.

4. Masuk ke Member Area teman membeli domain. Lanjut ke bagian DNS Management. Copy code dari Google Search Consule tersebut ke pengaturan DNS.

5. Selesai verifikasi. Tinggal menunggu datanya dibaca oleh Google biasanya 1x24 jam. 

Menautkan Google Search Consule Dengan Google Analytics

Masuk ke akun Google Analytics pastikan alamat emailnya sama dengan Google Search Consule

Masuk ke bagian admin

Klik tautkan search consule, tambahkan.

menghubungkan Google Analytics ke Google Search Consule

Kita akan diarahkan ke halaman Google Search Consule, akan muncul juga pilihan menghubungkan dengan GA4 juga. Kita juga bisa sekalian menghubungkan GA-UA dan GA4. Klik simpan.

Google analytics dan Google Search Consule sudah terpasang dan sudah terhubung.

Menambhakan Sitemap 

tambahkan Sitemap ke GSC

Setelah berhasil memasang Google Search Consule. Kita perlu menambahkan sitemap. Pada bagian ini pastikan format xml. Dengan memasukkan sitemap blog kita, artikel kita bisa langsung dicari tahu oleh Google dan bisa langsung terindex secara otomatis. 

Masuk ke halaman Google Search Consule pilih “Sitemaps”, masukkan URL blog. ganti html menjadi xml. Klik “submit”. Selanjutnya akan muncul pop up peta situs berhasil dikirimkan, klik “ok”. Jika muncul status sukses menandakan sudah berhasil. 

Jika tidak berhasil ada cara lain yaitu menggunakan index manual dengan memasukkan satu-satu alamat URL artikel kita pada inspeksi URL. 

Melakukan Perubahan Alamat

perubahan alamat domain

Buat sahabat Rui yang sudah pernah mendaftarkan blogke ke GSC memakai domain bawakan blogspot jangan khawatir kita bisa mengganti nama alamat menggunakan domain yang sudah TLD. Caranya cukup mudah.

Masuk ke bagian setting

Pilih perubahan alamat. Lalu tambahkan properti

Masukkan nama domain blog baru di bagian domain (aku pilih domain)

Yeah.. langsung jadi deh.

Saat melakukan pergantian alamat domain aku tidak melakukan verifikasi karena sudah terverifikasi otomatis.

Jadi gimana mudah bukan cara memasang Google Search Consule di blogspot. Yuk daftarkan blog kalian agar cepat terindeks Google. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar